Iklan 728x90

Cara Mengatur Bisnis Sambil Bekerja



Menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha semakin banyak di minati di kalangan masyarakat, kemajuan teknologi menjadi salah satu faktor terlihat dengan semakin banyaknya pengusaha pemula berbisnis berbasis online. Para pekerja karyawan kantoran pun mengikuti trend seperti ini mulai dari pekerja profesional, menjalankan bisnis seperti ini ternyata berdampak turunnya produktifitas di tempat kerja mereka.

Bagaimana cara mengatasi hal seperti ini, menjalankan bisnis sampil bekerja kantoran. Banyak pegawai yang merintis usaha sambil bekerja ternyata penghasilan mereka lebih besar dari pendapatan di tempat kerja ini merupakan hal yang menarik untuk di cermati.

Manajemen waktu merupakan solusi yang harus di lakukan sat menjalankan usaha bisnis dan bekerja kantoran, banyak orang lupa bagaimana mengatur waktu tersebut, berikut tips yang bisa di pakai untuk menjalankan usaha sambil bekerja.

1. Memilih bisnis yang di kuasai
Banyak sekali bermacam macam bisnis yang bisa di jalani, anda harus memilih dan mempertimbangkan terlebih dahulu seperti apa bisnis yang ingin anda jalankan namun paling anda kuasai. Jika anda hobi di bidang otomotif pilihlah bidang otomotif sebagai lahan bisnis yang ingin di jalankan. 

Memilih bisnis yang paling di kuasai bukanlah menjadi alasan, jika suatu saat anda mengalami kesulitan anda akan menemukan jalan keluar, jika bisnis yang di rintis tidak anda kuasai nanti anda akan kesulitan menjalankan bisnis tersebut dan akan memakan banyak waktu mempelajari bisnis tersebut disamping itu anda harus bekerja sebagai karyawan. Hal yang tidak di kuasai sebaiknya tidak usah anda paksakan, akibatnya bisnis anda tidak bisa berjalan dengan lancar.

2.Pilihlah bisnis yang membutuhkan modal kecil
Usaha bisnis yang baru di rintis dengan modal usaha yang kecil meiliki resiko kecil jika terjadi kegagalan usaha bisnis, sehingga resiko tidak terlalu besar terhadap dampak keuangan anda. Berbisnis merupakan seni mengelola keuangan dengan baik jika anda salah langkah maka kerugianlah yang akan di alami, karena anda masih memiliki status sebagai karyawan dimana waktu yang di curahkan untuk memulai bisnis juga terbatas.

3. Disiplin
Meskipun bisnis yang di bangun merupakan usaha sendiri namun anda tetap memerlukan kedisiplinan dalam mengelola bisnis anda agar kedepannya bisa berjalan lancar, banyak karyawan yang gagal dalam memulai bisnis karena tidak bisa disiplin dalam membagi waktu. Anda hanya perlu menerapkan sikap disiplin dalam bekerja dan memulai bisnis agar pekerjaan keduanya berjalan dengan baik.

4. Bekerja secara fokus
Mulailah  fokus apa yang anda kerjakan menjalankan pelerjaan sekaligus dalam satu waktu memang cukup memberatkan namun jika sudah menjadi kebiasaan maka pekerjaan itu akan terasa ringan. Hindari hal hal yang dapat memecah konsentrasi dan hindari konsentrasi lain jika waktu yang dimiliki sangat terbatas.

5. Mencari bantuan
Anda tidak bisa bekerja sendiri dengan dua pekerjaan, anda bisa mencari orang kepercayaan untuk membantu usaha anda jika waktu luang untuk berbisnis bertabrakan dengan jam kantor. Carilah karyawan untuk membantu bisnis anda jika bisnis anda mulai berkembang bisa menambah karyawan lagi untuk mendukung usaha anda.

6. Perluas jejaring
Perluas hubungan koneksi dengan cara berpartisipasi dalam berbagai event maupun acara yang berhubungan dengan bisnis anda, pastikan bisnis yang di jalani memiliki branding yang baik. Dengan perluasan jejaring tentunya akan semakin kuat bisnis anda berjalan dan akan semakin di kenal masyarakat luas.

7. Memisahkan pengelolaan keuangan
Anda perlu mengetahui berapa sumber pemasukan bersih dari bisnis yang di jalani, pisahkan sumber pemasukan dari gaji anda menjadi seorang karyawan hal ini sangat berguna untuk menganalisis bisnis yang dijalankan sekaligus membuat strategi keuangan yang cocok.

Menjadi pebisnis atau entrepreneur sambil bekrja kantoran merupakan langkah paling aman jika bisnis yang di jalani tidak lancar maka masih ada pekerjaan utama. Menjalani pekerjaan dua sekaligus seperti ini tidak mungkin berjalan lama, jika bisnis mulai menuntut banyak pekerjaan dan waktu saatnya anda memutuskan melanjutkan pekerjaan anda atau resign fokus menjalankan bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, semoga sukses.

Post a Comment

1 Comments