Header Ads

Kapan Harus Memakai Dedicated Server Hosting



Bagi anda yang masih awam di dunia web hosting pasti akan bingung dalam memilih server hosting yang sesuai dengan kebutuhan website kita, jangan berpatokan harga sewa yang mahal pasti memiliki kualitas yang baik belum tentu. Bagi anda yang memiliki budget besar mungkin hal seperti ini bukan menjadi masalah namun bagi seorang blogger pemula yang belum mendapatkan penghasilan yang menentu akan menjadi persoalan. Kami akan membahas bagaimana harus memakai dedicated server hosting serta kelebihan yang bisa di gunakan. 

Bagi pemilik website awal awal di louncing websitenya pasti memiliki pengunjung yang sedikit, namun dengan seiring waktu mungkin website tersebut akan semakin banyak pengunjungnya tentu pemilik website akan melakukan perubahan perubahan yang sesuai agar website yang di kelolanya lancar tanpa ada masalah saat di akses oleh pengunjung yang banyak bisa sampai ratusan ribu perjam. Beban kinerja server yang semakin tinggi dengan trafik yang sudah padat maka di butuhkan sebuah server yang handal tanpa terpengaruh dengan trafik website yang lain dalam satu server hosting, nah dengan demikian anda di haruskan memakai server sendiri (dedicated) baik bandwidth, resource hardware server, dan lain lain.

Perbedaan mendasar saat kita memakai share hosting yaitu, semua resource baik hardware maupun sofware Operating System akan berbagi dengan website milik orang lain dalam satu server hosting, berbeda kalau kita memakai dedicated server hosting, semua layanan aplikasi server baik hardware maupun sofware akan menjadi milik kita tanpa campur tangan orang lain dalam hal pemakaian server hosting.

Dari sisi harga memang share server hosting lebih murah di banding dedicated server hosting, nah share hosting ini sering menjadi pilihan bagi pemilik website untuk skala bisnis menengah ke bawah dengan jumlah trafik yang tidak terlalu tinggi. Untuk bisnis skala besar denga jumalh trafik yang tinggi maka di butuhkan dedicated server hosting.

Nah agar lebih jelasnya kapan kita harus migrasi ke Dedicated Server Hosting

Server Response Times dan Traffic Management:

Server respon pada server share hosting berpengaruh kepada kondisi website orang lain yang berada pada satu server, misalnya trafik dalam rentang waktu tertentu terjadi kenaikan yang signifikan, hal ini di luar kendali kita sebagai pemakai share hosting namun jika anda menggunakan dedicated server hosting kita akan bebas memegang kendali server kita bagaimana cara mengatasi trafik yang tinggi dengan pengaturan yang sesuai.

Fleksibilitas dan Software:

Jika kita menggunakan server share hosting hak akses akan terbatas pada sistem oprasi dan sofware aplikasi sejauh mana yang di sediakan oleh pihak pengelola server hosting. Dengan memiliki dedicated server kemungkinan kita bisa membangun layanan web hosting sendiri namun harus disertai dengan pemahaman teknis yang tepat agar bisa menjalankan konfigurasi dengan sempurna

Upgrade Sistem

Jika kita ingin melakukan upgrade ke spesifikasi server yang lebih tinggi akan susah dilakukan jika memkaai share server hosting, karena hak akses kita terbatas pada jumlah kapasitas disk space penyimpanan pada server. Kita tidak bisa upgrade Ram, Processor dan reosurce yang lain. Jika kita menggunakan dedicated server hosting semua dengan mudah bisa di lakukan.

Level Keamanan

Level keamanan pada share server hosting tidak memiliki tingkat kemanan yang tinggi di bandingkan dedicated server hosting. Jika kita memakai dedicated server hosting dengansangat mudah kita mengatur level kemanan dan firewall dapat di pasang dengan sangat mudah.

No comments

Powered by Blogger.