Iklan 728x90

Melihat Detail Konfigurasi Router Mikrotik



Saat kita mau setting konfigurasi Router Mikrotik yang baru terkadang cukup sussah untuk remote router melalui ether1 melalui winbox, atau kalau sudah login sudah terdapat konfigurasi yang sudah ada seperti default konfigurasi. Agar lebih mudah dalam hal konfigurasi kita bisa melakukan reset ulang dengan memilih pilihan no default configuration, sehingga semua konfigurasi akan di kosongkan.

Atau biasanya saat pertama kali login dengan winbox akan menampilkan informasi, bahwa terdapat default konfigurasi berupa informasi kotak dialog. Contohnya seperti di bawah ini.


Kotak dialog akan menampilkan 3 opsi pilihan seperti "Remove Configuration" yang akan menghapus konfigurasi router sehingga dalam keadaan kosong dan opsi "Show Script" akan menampilkan script default konfigurasi dan opsi "OK" yang akan memasang default konfigurasi ke dalam router mikrotik.

Pada saat konfigurasi default akan di berikan nama nama interface seperti di bawah ini:

Ether 1 akan diberi nama ether1-gateway dengan asumsi user akan memasang kabel internet di port ether1.
Ether 2 , akan diberi nama etherx-master-local. 
Ether 3 sampai ether terakhir akan diberi nama ether3-slave-local. Pada konfigurasi ini setting master port akan di arahkan ke ether2 sehingga akan berada dalam segmen jaringan yang sama dengan ether2 

IP address
Untuk IP address akan memakai alamat 192.168.88.1/24 sehingga jaringan local akan memakai network 192.168.88.0/24. Hal ini tidak berlaku untuk router yang memakai 1 interface ethernet seperti: RB411, RB433, RB435, RB800, CCR series dan RB1000 series.

DHCP
Konfigurasi DHCP akan di jalankan oleh default konfigurasi ke interface yang terhubung ke jaringan local yakni IP network 192.168.88.0/24 jadi klient akan terkoneksi ke interface ethr2, 3,4, dst, sedangkan ether1 akan terhubung ke jaringan internet. Untuk koneksi internet melalui ether1 IP nya akan menyesuaikan dari ISP yang memakai DHCP atu melaui modem.

Untuk konfigurasi wireless dan firewall tidak saya bahas disini karena terlalu banyak, itulah tips utnuk melihat default konfigurasi yang di tampilkan kotak dialig box saat pertama kali remot router, semoga informasi ini berguna bagi anda.
Sumber: Mikrotik.id

Post a Comment

0 Comments