Iklan 728x90

Fitur USB Port pada Router Mikrotik



Ada beberapa produk mikrotik yang di lengkapi dengan port USB, sebenarnya untuk apa sih kegunaan port USB tersebut. Produk yang sudah di lengkapi dengan port USB terdapat kode U pada nama nama produknya seperti RB912UAG, RB962UiGS, RB2011UiAS, dan masih banyak lagi. Meskipun terdapat beberapa router mikrotik yang menggunakan USB namun memiliki spesifikasi yang berbeda.

Rata rata port USB yang digunakan adalah jenis USB 2.0 namun ada juga yang menggunakan versi 3.0, kita bisa melihat spesifikasi dari USB port pada menu System --> Resources --> USB.

beberapa standart ukuran port USB yang umumnya dipasang pada PC.

Specification Current Voltage Power (max)
Low-power USB 2.0 device 100 mA 5 V 0.50 W
Low-power USB 3.0 device 150 mA 5 V 0.75 W
High-power USB 2.0 device 500 mA 5 V 2.5 W
High-power USB 3.0 device 900 mA 5 V 4.5 W
Dengan standart spesifikasi di atas kita bisa memasang jenis port USB seperti di bawah ini 

1. Flashdisk
Flashdisk di gunakan untuk media penyimpanan tambahan pada routerboard, seperti untuk mengaktifkan fitur Proxy, SMB, Logging dll.

2. 3G/4G Modem
Modem yang biasanya di pasang pada PC juga dapat di pasang pada Mikrotik Routerboard, bisa di gunakan sebagai sumber akses internet, bisa menjadi solusi pada daerah yang belum terjangkau internet. Jika ingin memasang lebih dari satu USB bisa kita gunakan USB Hub. Untuk jenis modem yang bisa di gunakan hanya modem tertentu.

3. External HDD
Hardisk ekternal bisa di gunakan sebagai media penyimpanan tambahan, tipe USB ini biasanya memerlukan daya yang lebih besar.

4. USB to LAN (RJ45)
USB port to LAN bisa di gunakan pada seri routerboard ini, dimana di kenali seperti interface ethernet biasa.

Fitur USB Power Reset
Fitur ini di gunakan untuk mematikan daya USB, fitur ini di gunakan untuk melakukan reset 3G/LTE USB Modem yang terpasang pada routerboard biasanya untuk instalasi di atas tower. Sehingga  memudahkan saat mengakses tanpa harus menaiki tower.

Untuk mematikan USB Powering selama 10 detik, bisa dilakukan di menu System -> Routerboard -- USB Power Reset.

Dengan setting konfigurasi diatas, kita bisa menekan tombol USB power reset maka USB Power dimatikan selama 10 detik.

Post a Comment

0 Comments