Iklan 728x90

Mengatasi WiFi Limited Access di Laptop



Limited Wi-Fi Access merupakan masalah yang sering di alami oleh laptop saat menggunakan WiFi, masalah ini sering mengganggu baik saat aksess WiFi di rumah maupun di jaringan WiFi Public luar. WiFi yang memiliki status Limited Access biasanya tidak dapat digunakan untuk browsing, streaming, dan melakukan aktivitas online karena ip yang di dapatkan dari wireless router tidak bisa terkoneksi, atau konfigurasi IP address salah. 

Pembatasan akses wifi bisa juga berpengaruh misalkan pemilik WiFi hanya membatasi 10 user yang dapat terkoneksi dengan wireless router sehingga pengguna yang tidak akan bisa terkoneksi. Biasanya pembatasan ini berguna untuk membatasi bandwidth yang di peroleh agar tidak terlalu banyak perangkat yang tersambung ke WiFi sehingga akses internet menjadi lambat.

orang saja yang dapat terkoneksi pada Wi-Fi tersebut. Oleh karena itu, pengguna kesebelas yang mencoba untuk terkoneksi pada Wi-Fi tersebut akan menemukan kendala berupa Limited Access. Pengguna rumahan juga sering mengalami hal seperti itu, biasanya IP DHCP yang di berikan dari wireless router ke laptop ada konifgurasi yang salah sehingga menyababkan limited access bisa juga driver wireless adapter tidak cocok.

Nah untuk mengatasi hal seperti diatas berikut ini beberapa tips yang bisa di gunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Mengubah IP Address ke mode static
Bisasanya IP yang di dapat laptop menggunakan DHCP Server, bisa kita ubah ke mode static. Namun anda harus tahu alamat IP DHCP dari wireless router baru bisa anda ubah ke mode static dengan cara:

a. Masuk ke Control Panel > All Control Panel Items > Network and Sharing Center > Cange adapter setting 
b. Pilih menu ‘Connections’ yang terdapat tulisan: Wireless Network Connection 
c. Klik nama Wi-Fi tersebut Klik tombol ‘Properties’ Pilih ‘Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4). Klik ‘Properties’ dan isi IP Address sesuai dengan IP yang diberikan oleh Wireless Router yang anda gunakan Akhiri lalu terakhir klik ‘OK’




2. Install Ulang Driver Adapter WiFi laptop
Adapter WiFi yang hilang bisa juga menjadi penyebab WiFi limited Access, anda hanya perlu install driver WiFi di laptop dengan DVD bawaan  dari laptop pada saat anda beli. Gunakan driver yang sesuai jika WiFi adapter menggunakan Atheros maka pake driver bawaan dari Atheros.

3. Disable enable Adapter WiFi di Laptop
Lakukan disable dan enable adapter WiFi dengan cara sebagai berikut
a. Silakan klik Control Panel
b. Pilih Network and Internet
c. Lalu klik Network and Sharing Center
d. Pilih Change Adapter Setting
e. Klik kanan pada Wireless Network Connection
f.  Lalu silakan pilih Disable
g. Tunggu sekitar 2 menit
h. Lalu klik kanan lagi dan pilih Enable
i.  Conect kembali ke wifi

4. Konfigurasi Ulang Wireless Router yang anda gunakan.
Cara terakhir adalah konfigurasi Wireless router yang anda gunakan, kemungkinan setting DHCP atau akses internet ke wireless router sedang mengalami masalah dari Internet Service Provider yang anda gunakan. Untuk konfigurasi Wireless router bisa anda cari di blog ini ada beberapa konfigurasi yang perlu di pelajari.

Nah demikian langkah – langkah Mengatasi Wifi Limited Access di alptop, semoga dengan adanya cara diatas dapat membantu anda yang kesulitan untuk memperbaikinya, semoga berguna.

Post a Comment

0 Comments