Iklan 728x90

Tips Membeli HP Android Berkualitas



Bagi anda yang menginginkan untuk membeli smartphone android jangan sampai bingung dengan banyaknya merk yang beredar di pasaran. Spesifikasi yang di tawarkan pastinya juga berbeda beda sesuai dengan harga yang di tawarkan mulai harga yang murah hingga yang mahal, dan disini harga akan berbicara lebih banyak tentunya harga yang mahal pasti memiliki spesifikasi di atas rata-rata.

Saat anda membeli smartphone dengan harga yang tinggi atau isitlahnya flagship anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri karena fitur yang di tawarkan pasti yang paling baik namun ada kalanya smatphone yang anda beli belum tentu cocok dengan kebutuhan pengguna sebgai contoh anda membeli smartphone dengan kualitas fotografi yang baik tentunya ini hanya di gunakan untuk kebutuhan membantu fotografi dan pembuatan video. Kemeungkinan aplikasi office seperti kantoran tidak akan di gunakan.

Kecanggihan suatu smatphone akan sia sia jika penggunaannya tidak sesuai kebutuhan jika untuk aplikasi sosial media mungkin smartphone flagship bisa di gantikan dengan produk yang murah meriah seperti lenovo, oppo, vivo, asus, huawei dan berbagai macam produk yang lainnya.

Agar anda tidak bingung saya akan membagikan beberapa tips menarik agar anda bisa memilih hp android yang tepat sesuai kebutuhan.

1. Tentukan jenis prosesor CPU (Central Processing Unit)
Jenis prosesor perlu anda perhatikan saat membeli smartphone android, CPU merupakan otak dari sebuah smartphone yang sangat menetukan dalam pemrosesan data dari sebuah sistem operasi smatrphone yang anda gunakan. Jadi jangan heran jika ada smartphone lemot meski dalam kondisi baru jika di isi berbagai macam aplikasi yang lumayan menguras kinerja CPU.


Berbagai macam merk CPU yang di gunakan antara lain  Qualcomm Snapdragon, Exynos, Nvidia Tegra, mediatek ataupun intel. Kecepatan prosesor sangat menentukan kinerja smartphone android anda dan yang paling terpenting adalah jumlah core dalam satu inti CPU seperti 4 core (quadcore), 6 core (hexacore), 8 core (octacore), 10 core (decacore) atau bahkan ada yang lebih tinggi lagi sesuai perkembangan jaman dan jangan lupa pilih cache prosesor yang lebih tinggi.

2. RAM (Random Access Memory)
RAM di gunakan untuk membantu kinerja cache yang ada di dalam prosesor, cache merupakan memory dengan kecepatan tinggi, perbedaan kecepatan ini harus di imbangi dengan RAM. Semakin banyak aplikais yang kita jalankan maka akan semakin besar juga kebutuhan memory. Jumlah ram yang besar akan memperlancar penggunaan smarphone menjalankan aplikasi.

3. GPU (Graphics Processing Unit)
GPU di gunakan untuk memproses grafis, seperti apliasi 2D dan 3D smartphone akan lancar di gunakan untuk bermanin game maupun menonton video. Chip GPU yang baik akan menghasilkan tampilan grafis yang baik pula serta lebih detail.

4. Layar
Tampilan di layar merupakan hasil output yang di hasilkan dari pemrosesan sistem smartphone setelah terjadi proses dari ketiga komponen yang sudah saya sebutkan di atas. Setinggi spesifikasi smartphone, jika layar yang di gunakan kurang baik maka hasil yang di tampilkan tentu akan mengecewakan seperti melihat foto, video, games 3D.

5. Internal ROM Storage
Memory internal sangat penting di gunakan untuk menyimpan data seperti lagu mp3, video, foto, game, dokumen dan lain sebagainya. Jika kapasitas memory internal besar kita akan leluasa menginstal aplikasi yang ada di smartphone. Jangan lupa ada slot memory external tambahan yang bisa suport penyimpanan jumlah data yang besar.

6. Kamera
Fitur yang satu ini tidak mungkin ketinggalan karean semua smartphone sudah di lengkapi fitur kamera. Saat memilih kamera pilihlah yang memiliki sensor kamera yang baik sensor ini merupakan bagian terpenting saat mengambil gambar. Spesifikasi megapixel mungkin bisa menjadi patokan namun anda bisa bandingkan kamera HP China yang 16 MP belum tentu lebih baik dengan brand terkenal yang hanya 12 MP.

7. Operating system (OS)
Pemilihan sistem operasi juga sangat penting, maka jangann heran jika OS android sekarang ini sudah banyak versi jika kita hitung dari versi 1.x, 2.x, 3.x dst. Android OS paling banyak di gunakan untuk OS smartphone saat ini.

8. Kapasitas Baterai
Komponen baterai merupakan yang paling penting dalam pemilihan baterai tentu akan berpengaruh  pada ukuran smartphone. Biasanya jika Android mempunyai baterai besar maka ukuranya fisiknya pun besar. Meskipun baterai tidak menjadi patokan banyak smartphone yang memiliki baterai besar namun desain nya tetap ramping. 

9. Jaringan yang di gunakan
Pilihlah smartphone Android yang sudah support jaringan LTE atau 4G karena saat ini jaringan sudah mulai beralih ke teknologi ini, bahkan generasi 5G sudah mulai di kerjakan. Masalah jaringan ini sangat krusial sebagai contoh kita membeli smartphone BM dari luar negeri ternyata di pakai tidak cocok dengan spesifikasi jaringan di indonesia. Meskipun rata rata ponsel yang di jual di indonesia buatan luar namun sudah di sesuaikan dengan jaringan di indonesia.

10. Desain Smartphone
Desain sangat tergantung dengan pilihan kita, mungkin kita cocok dengan salah satu desain smartphone namun orang lain tidak suka dengan desain pilihan kita, jadi desain ini sangat relatif. Pilih desain casing yang tahan gores dengan body terbuat dari metal, seperti aluminium atau logam lain, bahan dari logam akan memberi kesan premium dan elegan

11. Sensor Sensor
Pilih Android dengan Sensor yang lengkap seperti sensor sidik jari, Accelerometer, Proximity, Gyroscope, Compass, Magnetic field (Magnetometer), Barometer, Ambient Light, Heart Rate dan Sensor lainnya.

Demikian artikel yang saya tulis ini tentang tips membeli HP android berkualitas, semoga beberapa point yang saya bahas di atas bisa bermanfaat bagi anda yang ingin membeli smartphone android. Silahkan di share ke medsos jika artikel ini bermanfaat semoga berguna..

Post a Comment

2 Comments

  1. Terima kasih atas infonya, ini sangat berguna sekali.

    Paket Internet

    ReplyDelete
  2. Halooo....
    Terima kasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi website Universitas Islam Negeri Walisongo: walisongo.ac.id

    ReplyDelete