Iklan 728x90

Aplikasi Perekam Layar PC Laptop Gratis



Pada saat kita dihadapkan keperluan merekam aktifitas layar komputer menjadi sebuah video untuk merekam tutorial untuk di masukkan ke dalam video seperti, merekam game, merekam presentasi, dan keperluan lainnya. Saat seperti itu maka anda akan memerlukan sofeware perekam layar komputer untuk mendapatkan hasil rekaman yang baik dan berkualitas. Sofware screen recorder atau perekam layar merupakan aplikasi yang di rancang untuk merekam kegiatan yang ada pada sebuah layar komputer.

Beberapa fitur yang harus kita perhatikan adalah mendukung beberapa format video dan kualitas suara yang di hasilkan agar hasil rekam bisa maksimal, sehingga kita tidak perlu mengedit hasil video rekaman tersebut.

Sekarang sudah banyak sekali aplikasi gratis, namun bisa anjda upgrade ke berbayar untuk mendapatkan fitur lebih dari aplikasi tersebut. Proses rekaman tidak perlu menggunakan alat tambahan seperti kamera, sehingga cukup memudahkan kita dalam mengambil video. Langsung saja berikut ini beberapa aplikasi perekam layar komputer PC atau Laptop

1. XSplit Gamecaster
Menggunakan XSplit Gamecaster memiliki keunggulan streaming saat kita sedang bermain game dengan lancar tanpa ada hambatan. Dengan menekan satu tombol saja maka XSplit Gamecaster akan secara otomatis mengkonfigurasi pengaturan layar komputer atau laptop.

2.WM Capture
Menggunakan WM Capture dapat dengan mudah mrekam layar komputer atau laptop, keuntungan menggunakan sofeware ini memiliki fitur schedule recording, maka layar komputer akan terekam sesuai jadwal yang telah di tentukan. Hasil video dapat di simpan dalam bentuk MPEG, AVI, DVD-ISO, WMV, dll

3. Action
Rekomendasi sofware berikutnya adalah Action, bisa melakukan streaming rekaman yang mampu menghasilkan resolusi HD 1080p sehingga kualitas video sangat baik. Sofeware ini dapat mengambil screenshot secara cepat pada saat pengambilan gambar. Format yang di hasilkan berupa MP4 dan AVI.

4. Bandicam Screen Recorder
Sofware ini memiliki fitur berupa live drawing, yang bisa di gunakan untuk menggambar di are tertentu saat anda merekam layar komputer laptop. Mendukung proses rekam seperti bermanin game atau video streaming, hasil video yang tersimpan dalam bentuk MP4 dan AVI. Ada fitur watermark namun untuk veri yang gratis watermark tidak bisa di hilangkan.

5. TinyTake
Software ini disediakan versi gratis dan versi berbayar, yang tentunya akan memiliki fitur yang berbeda pula di banding dengan versi yang gratis. Kelebihan aplikasi ini adalah tidak memiliki watermark. Penggunaan yang lebih mudah userfriendly akan sangat mudah dengan sekali klik untuk merekam layar.

6. Ezvid Video Maker
Salah satu perekam video yang baik untuk di gunakan di windows, kelebihan software ini memiliki fitur untuk menambahkan judul, kata kunci, meta, deskripsi hasil rekaman. Dapat menyimpan secara otomatis ketika saat melakukan perekaman, ada pula fitur voice synthesis untuk menjernihkan suara saat proses perekaman. Hasil rekaman dapat kita unggah ke platform youtube. Kelebihan lainnya dapat menyimpan secara otomatis saat memulai perekaman. Durasi perekaman yang lumayan lama sekitar 45 menit lumayanlah cukup membuat video dengan durasi yang panjang.

7. ShadowPlay
Software perekam buatan Nvidia berjalan pada sistem operasi windows, merupakan hardware accelerated screen recording untuk PC dengan menggunakan GPU Ge-force.
Menghasilkan kualitas video yang sangat baik cocok untuk merekam game atau aktifitas yang lain.

8. Open Broadcaster Software
Software ini memiliki lisensi open source dan multi platform sangat cocok digunakan di beberapa sistem operasi seperti WIndows, OSX, dan Linux/GNU. Untuk format yang dihasilkan dari perekam video ini dalam format MP4 dan FLV.

Dapat merekam dengan menggunakan webcam bawaan ataupun exsternal, kita dapat mengatur sendiri misalnya menambahkan text, emotion pada saat streaming. Open Broadcaster Software dapat merekam suara menggunakan internal microphone ataupun eksternal microphone

9. Apowersoft Free Online Screen Recorde
Software berikutnya adalah Apowersoft Free Online Screen Recorde yang ersedia versi gratis dengan kelebihan tidak menggunakan watermark saat proses perekaman. Format yang di hasilkan cukup beragam seperti MP4, WMV, AVI, MOV. Kita dapat mengatur dari fitur converter yang telah ada dengan cara menginstall plugin yang telah disediakan dan memilih format yang di hasilkan saat proses perekaman.

10. CamStudio
Software perekam yang lain yakni CamStudio beberapa kelebihan yang dimiliki oleh camstudio dapat mengganti format video yang dihasilkan. Camstudio juga dapat digunakan untuk menambahkan caption dibagian atas dari video. Hasil video yang memiliki ukuran yang lumayan kecil sehingga ramah dan tidak memerlukan penyimpanan yang besar.

Itulah beberapa rekomendasi Software untuk merekam layar PC atau Laptop untuk membantu proses pembuatan video, proses perekaman yang baik akan menghasilkan kualitas video yang layak untuk ditonton.

Post a Comment

0 Comments