Iklan 728x90

Tips Memilih Lensa Kamera Terbaik



Cara memilih lensa kamera yang bagus dan awet untuk di gunakan sangat berperan dalam pengambilan fotografi. Lensa menjadi aspek yang penting agar bisa menghasilkan kuliatas fotografi yang di hasilkan, sangat berpengaruh dalam pemilihan lensa kamera yang di gunakan.

Untuk menentukan pilihan dalam memilih lensa kamera, masih banyak hal yang perlu di pahami sebelum memutuskan untuk membeli lensa kamera itu sendiri. Jika anda mungkin baru menekuni dunia fotografi, tentunya hasil fotografi harus di dukung oleh kamera dan lensa yang sesuai, memilih lensa kamera harus di lakukan dengan sangat teliti dan berhati hati, jika salah memilih maka hasil foto tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

Kali ini saya membagikan beberapa tips untuk memilih lensa kamera sesuai kebutuhan dan cocok di gunakan.

1. Memahami kebutuhan fotografi
Pahami kebutuham fotografi yang ingin di gunakan, jika ingin mengambil fotografi untuk acara umum seperti keluarga maka lensa 18-55 mm sudah mencukupi. Pahami jenis lensa seperti lensa tele, lensa wide, lensa fix, atau lensa makro, semua tipe lensa itu memiliki kelebihan masing-masing.

Jika anda senang menekuni fotografi seperti hewan hewan, burung pasti membutuhkan lensa tele, namun jika menyukai jenis foto hewan serangga maka butuh lensa jenis makro.

2. Mengerti spesifikasi lensa
Setelah memahami kebutuhan yang di gunakan maka pelajari juiga spesifikasi lensa yang ingin dibeli, ada beberapa faktor yang perlu di pertimbangkan sebelum memilih lensa kamera seperti kualitas optik, jarak fokus, dan aperture (bukaan lensa). masing masing tipe memiliki keunggulan dan kelebihan yang di tawarkan, untuk menunjang fotografi anda. 

3. Sesuaikan tipe lensa dan kamera
Agar cocok dengan tipe kamera, maka lensa yang di gunakan harus sesuai agar bisa maksimal hasil yang di ambil saat fotografi. Memilih lensa yang tidak sesuai akan membuat hasil fotografi menjadi tidak makasimal bahkan bisa mengalami kerugian akibat lensa yang terlanjur di beli tidak bisa di pakai.

Pastikan lensa dan sensor kamera yang di gunakan cocok sesuai tipe yang di beli, kamera DSLR memiliki sensor full frame dan sensor APSC. Silahkan di pahami jenis kamera dan lensa sehingga dapat dipasang di kamera yang anda gunakan.

4. Pertimbangkan berat lensa
saat anda mencari lensa untuk kebutuhna traveling misalnya, sebaiknya anda prioritaskan bobot lensa yang anda gunakan. Lensa yang berat akan mempengaruhi mobilitas traveling pada waktu di perjalanan. Namun jika untuk kebutuhan sehari hari mmeiliki lensa dengan bobot agar berat juga tidak masalah.

5. Kecepatan lensa
Kecepatan lensa merupakan point yang sangat penting dalam menunjang fotografi anda, lensa yang cepat memiliki apertur maksimal yang lebar misal f/2.8,f/1.8, dan seterusnya. apertur yang lebar dapat menghasilkan jumlah cahaya yang masuk dan kecepatan shutter speed lebih cepat namun kekurangannya mahal dan berat. Sebagai contoh, lensa kamera dengan aperture f/2.0 memiliki bukaan yang lebih besar dibanding f/2.8. Semakin besar angkanya, maka semakin kecil bukaan lensanya. Dan, hal ini berlaku sebaliknya.

6. Ergonomi
memilih lensa harus di perhatikan ergonomi saat memegang lensa, pastikan lensa tersebut enak di genggam dengan erat.

7. Pilihlah jenis Lensa Fix atau Zoom.
Jika ingin membeli lensa untuk keperluan keluarga atau foto dengan sahabat yang di gunakan dalam ruangan, sebaiknya pilihlah jenis lensa fix. Namun jika anda hobi foto di luar ruangan atau mengambil objek foto dari kejauhan yang cocok menggunakan jenis lensa zoom. Karena bisa menghasilkan kualitas foto yang baik meski dalam jarak jauh.

8. Ujilah lensa yang akan di beli.
Jika anda memilih lensa kamera di toko, sebaiknya anda bawa bodi kamera yang anda miliki, hal ini bertujuan untuk mengetes secara langsung kondisi dan kualitas lensa dengan kamera yang anda miliki. Pastikan lensa kamera tidak gagal fokus dan mendapatkan fokus objek yang tepat. Kebersihan optik lensa harus perhatikan, pilihlah optik lensa yang bersih dan tidak berjamur, meskipun barang baru bisa saja ada jamur di lensa karena terlalu lama di simpan

9. Perhatikan spesifikasi lensa
Spesifikasi lensa perlu juga di perhatikan, meliputi kualitas optic, ketahan terhadap cuaca lembab debu dan air, kualitas fokus lensa serta image stabilizer.
Semakin bagus spesifikasi yang dimiliki maka akan berbanding dengan harga jual yang di miliki lensa tersebut.

10. Pastikan Garansi Resmi
Garansi resmi sangat penting, jika ada kerusakan anda bisa klaim ke toko penjual sehingga akan mendapatkan garansi langsung dengan produsen kamera atau pabrik pembuatnya. Garansi produsen lebih terpercaya dari pada garansi yang di berikan oleh toko.

Itulah beberapa tips saat anda ingin membeli lensa kamera, kegiatan fotografi akan terasa lebih menarik dan maksimal dengan memilih lensa kamera yang tepat, demikian semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Post a Comment

0 Comments