Iklan 728x90

Tips dan Fitur Tersembunyi Menjalankan Windows 10



Sistem Operasi besutan Microsoft yang di rilis sekitar  tahun 2015 menjadi sistem operasi yang populer untuk komputer baik desktop maupun laptop. Mungkin sebagian orang belum mengetahui fitur fitur tersembunyi yang ada di windows 10, fitur ini jika kita gunakan akan mempercepat pekerjaan kita dalam pengoperasian sistem operasi ini. Yuk cari tahu fitur apa saja yang perlu di ketahui.

Dengan menggunakan perintah keyboard dan mouse anda bisa mengetahui kelebihan fitur yang di miliki windows 10

1. Membuka start menu

Start menu sempat menghilang pada versi windows sebelumnya, dengan menggunakan start menu akan lebih mempermudah mencari aplikasi yang kita cari seperti melakukan shutdown atau restart bisa juga mencari aplikasi seperti office.

Untuk menampilkan start menu akan lebih mudah dengan meenkan tombol shortcut Windows + X, bisa juga mengakses dengan tombol klik kanan mouse di logo Windows

Nah, untuk menampilkan Start Menu baru dengan tampilan lebih simpel, kamu bisa menekan tombol shortcut Windows + X. Kamu juga bisa mengaksesnya dengan klik kanan pada logo Windows.

2. Bash Linux

Fitur tersembunyi yang lain adalah penggunaan Bash Linux, namun mayoritas pengguna tidak mengetahui fitur ini. Bash Linux bisa di gunakan untuk menginstall aplikasi Linux melalui command Promp. Untuk mengaktifkan fitur ini bisa anda buka 

Turn Windows features on or off  ->  ceklist Windows Subsystem for Linux (beta) -> restart Windows  

Buka Settings -> Update & security -> For developers -> pilih Developer mode

Buka Command Prompt as Admin > ketikkan Bash > Enter > jika ada konfirmasi instalasi, tekan y.

Setelah itu Windows 10 akan otomatis melakukan instalasi Bash dan anda bisa masukan user dan password linux untuk keamanan, selanjutnya anda bisa menggunakan Bash Linux dengan mengetikkan Bash di Command Prompt.

3. Membuat Command Promt menjadi Transparant 

Command promt pada windows biasanya berwarna hitam, anda bisa merubahnya dengan warna sesuka hati seperti bagground dan text bisa juga menjadikan tampilannya transparant

Silahkan buka Command Prompt -> klik kanan Title Bar -> Properties -> Color -> lalu ubah warna Bagground serta warna Text serta mengubah transparant sesuka hati. 

4. Screenshot Area

Anda bisa mengambil Screenshot area dengan menekan tombol Windows + Shift + S hasil screenshot akan tersimpan di clipboard dan bisa anda paste di paint atau aplikasi yang lain.

5. Akses Task Manager dengan cepat 

Komputer anda pernah Hang karena menjalankan aplikasi yang berat, jangan kawatir untuk menghentikan aplikasi tersebut bisa menggunakan Task Manager dengan menekan tombol CTRL + ALT + Delete, bisa juga dengan klik kanan pada logo Windows lalu pilih Task Manager.

6. Print PDF

Menggunakan Windows 10 anda dapat mengubah document ke bentuk file PDF, karena telah di lengkapi dengan Microsoft Print to PDF sehingga mencetak file apapun menjadi PDF akan lebih mudah.

Caranya tinggal print dokumen yang di inginkan, lalu pilihan printer, pilih Microsoft Print to PDF.
Setelah itu akan muncul pilihan file akan di simpan, tinggal anda tentukan dimana file tersebut akan di simpan.

7. Fokus Windows

Jika anda ingin menjalankan satu windows tanpa harus me minimize windows yang lain, cukup goyangkan windows yang ingin anda jalankan, maka secara otomatis windows yang lain akan minimize.

8. Merekam layar

Anda bisa merekam layar komputer atau laptop untuk merekam segala aktifitas anda, fitur ini bisa di jalankan dengan menggunakan tombol kombinasi Windows + G dan ikuti perintah pada layar selanjutnya.

9. Menutup Aplikasi

Jika anda ingin menutup aplikasi tidak perlu klik tanda silang pada pojok kanan atas, namun cukup menyeret jendela aplikasi ke bawah langsung, maka secara otomatis aplikasi akan tertutup.

10. Fitur shutdown

Bosan dengan fitur Shutdown, anda bisa membuat firue shutdown lenjadi lebih berbeda dengan menarik layar ke bawah pada ikon di desktop.
Untuk menggunakan fitur ini, bisa klik kanan pada desktop kemudian pilih New -> Shortcut.
Pada jendela pop up, paste baris kode berikut: 
%windir%\System32\SlideToShutDown.exe. Jika fitur ini aktif, maka hanya perlu klik ikon di desktop dan menarik layar ke bawah maka komputer akan shutdown secara otomatis.

Post a Comment

1 Comments

  1. Wah terima kasih atas informasi website sehingga kami memahami mengenai tips windows 10

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info untuk beberapa informasi tentang tips touchpad pada windows 10
    https://bangamingadget.com/tips-touchpad-pada-windows-10/
    terima kasih

    ReplyDelete