Iklan 728x90

Pengertian VPS Hosting dan Fungsinya


VPS atau Virtual Private Server atau  Virtual Dedicated Server merupakan sebuah server yang memiliki layanan dengan beberapa virtual server yang bisa di install OS dan berbagai aplikasi. VPS merupakan teknologi yang telah berkembang memungkinkan server yang memiliki resource yang besar di bagi bagi menjadi beberapa virtual komputer dengan menggunakan OS tertentu.

Sofware untuk VPS
Jika anda mmeiliki sebuah server dan anda ingin memecah server tersebut ke beberapa bagian menjadi sebuah VPS anda bisa gunakan OS proxmox. Proxmox merupakan distro yang di gunakan untuk virtualisasi dengan berbasis linux Debian yang berjalan dengan mode text. Meskipun mode text anda bisa mengakses secara remote dengan akses web.

VPS dapat berjalan seperti dedicated server dengan sistem operasi sendiri untuk mengatur virtual komputer tanpa mengganggu virtual komputer yang lain. Kegunaan VPS maupun VDS diantaranya yaitu:

1. File Server
VPS dapat di gunakan sebagai file server seperti Cloud VPS dengan berbagai layanan seperti unlimited bandwidth untuk pengiriman file dan menerima file.

2. Game Server
Dengan menggunakan VPS anda bisa jadikan menjadi game server, layanan teknologi game sekarang ini semakin populer seiring berkembangnya teknologi smartphone. Anda bisa membuat game dengan aplikasi android untuk layanan game nya sendiri bisa menggunakan VPS.

3. Hosting DNS, Web server
Hosting biasanya di gunakan sebagai webserver untuk berbagai jenis web, seperti web komersil, web pemerintah atau web organisasi bisa juga web untuk keperluan Blog pribadi. Dengan menggunakan VPS layanan web serever akan semakin baik karena server akan bekerja sendiri dengan sistem virtual tanpa mempengaruhi kinerja web server yang lain.

4. Remote Desktop
VPS bisa di gunakan untuk mengakses dan menggunakan komputer atau server secara remote. Anda memiliki kontrol penuh terhadap server tanpa dibatasi lokasi. Anda bisa mengontrol server di manapun Anda berada asalkan terhubung denga jaringan internet.

5. VPS di gunakan sebagai VPN
VPS bisa juga digunakan sebagai VPN atau Virtual Private Network. VPN merupakan jaringan pribadi yang menggunakan internet untuk menghubungkan antar remote-site dengan aman dengan menggunakan tunneling. 

6. Server Percobaan
Jika anda sedang membuat software, aplikasi yang membutuhkan aplikasi server tentu anda mmebutuhkan sebuah server yang terjangkau solusinya anda bisa menggunakan VPS untuk melakukan percobaan sofware yang anda buat.

7. Web Hosting Skala Kecil
Bagi anda yang memiliki usaha pembuatan website bisa menggunakan layanan VPS untuk hosting ke pelanggan. Anda bisa mengontrol secara penuh menggunakan VPS terhadap website pelanggan anda.

Itulah beberapa kegunaan VPS yang bisa saya sampaikan, jika ada pertanyaan bisa di kolom komentar, semoga berguna.

Post a Comment

0 Comments