Header Ads

Penjelasan Access Point dan Wireless Router



Internet merupakan kebutuhan yang sangat di butuhkan untuk menunjang aktifitas kita sehari hari, mulai hanya sekedar alat komunikasi, browsing, kirim pesan, belanja online dan masih banyak lagi aktifitas yang dapat di tunjang dengan menggunakan internet. Di ruang publik sudah tersedia jaringan WiFi grastis maupun berbayar, alat yang di gunakan untuk memancarkan sinyal WiFi dinamakan dengan Accees Point dan Wireless Router. Kedua alat tersebut sama namun dari segi kinerja bisa berbeda, tergantung konfigurasi yang kita setting di dalam Access Point Tersebut.

Dengan menggunakan access point user pengguna dapat terhubung ke jaringan internet meskipun berpindah pindah tempat, secara otomatis alat yang di gunakan user akan otomatis terkoneksi dengan access point terdekat asalkan SSID yang digunakan menggunakan nama yang sama dan tidak terproteksi.


Barangkali anda belum tahu mengenai access point dan wireless router serta bagaimana cara kerjanya, dalam artikel ini akan kami bahas satu persatu agar anda lebih paham cara kerja access point dan wireless router.


Penjelasan Access Point

Access point merupakan perangkat jaringan nirkabel (wireless) yang di hubungkan ke jaringan internet bisa melalui modem router, router, hub, swicth. Fungsi access point memancarkan gelombang radio dengan frekwensi tertentu 2.4 Ghz atau 5 Ghz. Access Point memiliki antena dan transceiver sebagai pusat pemancar gelombang radio berupa sinyal WiFi.

Access Point menggunakan IP Address network yang sama agar terkoneksi ke jaringan internet, istilahnya menggunakan mode bridge pada konfigurasi di dalamnya, ini berbeda dengan wireless router yang menggunakan IP network yang berbeda dari sumber internet. 


Agar lebih jelasnya akan saya tunjukkan dalam gambar berikut ini:




Penjelasan Wireless Router
Access Point maupun Wireless Router sebenarnya tidak berbeda jauh, untuk wireless router bisa di gunakan untuk mode router yang dapat di gunakan untuk membuat IP Network yang baru. Misalkan dari sumber internet menggunakan alamat IP Network 192.168.1.0/24 setelah di hubungkan ke wireless router akan membentuk network yang baru menjadi 10.20.20.0/24. Agar lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.


Jika di lihat dari gambar diatas, mode router dapat membuat sebuah network yang baru atau menghubungkan 2 buah alamat network yang berbeda dari ip network 192.168.1.0/24 ke 10.20.20.0/24.

Itulah pengertian router beserta fungsi dan cara kerja router dalam sebuah jaringan komputer. Jadi dapat disimpulkan bahwa router mempunyai fungsi utama untuk menganalisis paket data yang masuk , melakukan seleksi paket data tersebut kemudian yang terakhir adalah mengirimkan paket data tersebut ke tujuan (bisa jaringan atau komputer tertentu).

Wireles Router dikemas menjadi dua jenis yaitu router yang dipaketkan bersama dengan model Cable ADSL, Modem Fiber Optic ataupun wireless router khusus untuk jaringan Nirkabel atau Wireless. Saat ini sudah banyak wireless router yang di kemas dan di pasarkan untuk kebutuhan rumah seperti ISP dari telkom untuk Indihome, sehingga anda tidak perlu lagi membeli peralatan wireless untuk keperluan jaringan Wireless anda karena sudah menjadi satu paket dengan modem anda. Anda bisa juga membeli alat wireless yang baru untuk memperluas jangkauan sinyal WiFi yang di hubungkan dengan Modem Indihome, jika di rasa cakupan Sinyal WiFi masih kurang luas.

Biasanya saat anda membeli wireless router bisa di gunakan berbagai macam mode seperti Accees Point, Router, Repeater, Bridge. Pastikan saat membeli wireless router anda mengetahui fitur dan spesifikasi yang ada di dalamnya, mulai dari frekuensi, fitur keamanan, suport transmisi data berapa Mbps, dan masih banyak lagi fitur yang ada pada wireless router.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan mengenai penjelasan Access Point dan Wireless Router, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kita tentang jaringan Wireless.

No comments

Powered by Blogger.