Header Ads

Tips Memilih Power Supply yang Baik Untuk Komputer



Power supply merupakan komponen komputer yang berfungsi menyuplai arus listrik ke komponen yang ada di CPU, mulai dari mainboard, processor, GPU, dll. Power Supply merupakan komponen yang penting bagi komputer untuk menstabilkan arus listrik sehingga komponen di dalam CPU terhindar dari kerusakan.  

Pemilihan power supply yang bagus akan membuat komponen di dalam komputer menjadi awet, semakin tiggi spesifikasi komputer maka daya yang di butuhkan juga akan semakin tinggi, maka di perlukan power supply yang mampu memenuhi kebutuhan daya tersebut.

Nah utnuk memilih power supply yang baik hukumnya adalah wajib, untuk menjaga keawetan komponen komputer jangan memilih power supply yang tidak baik malah akan merusak komponen komputer yang kita rakit. Berikut tips memilih PSU yang baik sesuai kebutuhan komputer:

1. Perkirakan jumlah daya yang di butuhkan komputer anda, mulai dari mainboard, GPU, Processor dll.
2. Saat membeli PSU jangan memilih harga yang murah, belum tentu bagus.
3. Cari informasi di internet tentang PSU yang ingin di beli, informasi harga, kekuatan Watt yang di hasilkan, kelebihan dan kekurangan.
4. Belilah PSU dari merk yang sudah terpercaya.

5. Cari yang sudah memiliki cap bronze (minimal), merupakan sertifikat yang diberikan kepada PSU dimana psu tersebut mampu membeikan efisiensi diatas 80% atau yang memiliki label 80+ bukan sembarangan PSU, PSU tersebut harus melewati berbagai macam tahapan agar bisa lolos.
6. Jika ingin memilih yang berkualitas harus sedikit mahal karena kwalitas sebanding dengan harga yang di tawarkan.

7. Di lihat dari fisik luar biasanya PSU yang bagus memiliki finishing yang baik, dalam hal berat juga mempengaruhi. PSU yang baik akan memiliki berat yang tidak biasa karena di pengaruhi oleh komponen di dalamnya. mulai dari tebal pendingin, ukuran kabel, jumlah lilitan kabel pun lebih banyak. Biasanya power supply yang baik menggunakan kabel sleeving (kabel ganda) 

8. Memiliki UL number, merupakan tanda dari produsen power supply yang telah bersertifikasi UL Number bisa di cek di situs www.ul.com/database/

9. Memiliki spesifikasi ampere dan voltase yang melekat pada body, jika kita ukur harus sama persis dengan spesifikasi yang tertera.

10. Memiliki kemampuan Active PFC (Power Factor Correction), yaitu rangkaian khusus yang digunakan untuk mengukur seberapa efisien komsumsi daya listrik.

11. Over Voltage Protection, yaitu kemampuan power supply untuk mencegah lonjakan voltase yang mengakibatkan kerusakan komponen komputer. Continuous Output, yaitu kemampuan power supply yang dapat memberikan daya setiap saat dibutuhkan.

Demikianlah artikel tentang tips memilih power supply yang baik untuk komputer, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin merakit komputer dan memilih power supply yang baik, semoga berguna.

No comments

Powered by Blogger.