Iklan 728x90

Cara Menghubungkan Mikrotik Routerboard Ke Jaringan Internet



Mikrotik merupakan router yang di gunakan untuk manajemen jaringan, baik sekala kecil maupun besar. Untuk kebutuhan skala kecil seperti jaringan home/rumah kita bisa gunakan routerboard seri hAP yang memiliki fungsi wireless, harganya pun cukupe terjangkau kisaran 300 rb sampai 1800 rb. Roterboard seri RBD52G-5HacD2HnD-TC sudah memiliki kebutuhan router dan gateway untuk personal maupun kantor memiliki 5 buah port ethernet dan 1 buah access point dualband 2.4 GHz dan 5 GHz. Bagi anda pemula yang baru mengenal mikrotik mungkin belum tahu caranya menghubungkan router mikrotik ke jaringan internet, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi ke pembaca semuanya.

Langkah pertama jika anda ingin menghubungkan mikrotik routerboard ke jaringan internet anda harus memiliki jaringan internet seperti telkom indihome, modem usb jaringan 4G dll. Berikut ini cara menghubungkan mikrotik routerboard ke jaringan internet, saya di sini menggunakan internet dari Indihome.

Alat yang di pergunakan
1. Internet Indihome atau yang lain
2. 1 Buah routerboard
3. Komputer/laptop untuk setting mikrotik.

1. Buka winbox

2. Enable interface wlan1 dan setting parameter WiFi



3. Konfigurasi IP Address ether1, ether2 dan Wlan1 saya menggunakan ip static
    


4. Konfigurasi IP DNS
    Menu IP-->DNS 
    Bagian server silahkan di isi seperti gambar di bawah ini

5. Konfigurasi NAT
    IP-->Firewall-->NAT-->+



6. Konfigurasi IP-->Routes-->+

7. Konfigurasi DHCP Server Wlan1 agar setiap client yang terkoneksi dengan WiFi Mikrotik      bisa terhubung secara otomatis mendapatkan alamat IP Address
    IP-->dhcp server-->dhcp setup-->Wlan1-->Next











Post a Comment

0 Comments