Iklan 728x90

Routerboard Mikrotik tidak Bisa Login Dengan Winbox



Bagi anda yang ingin konfigurasi routerboard mirkotik mungkin pernah mengalami tidak bisa login saat menggunakan winbox versi 3, sebenarnya cukup simple anda cukup update winbox tersebut pada menu Tools --> Check For Update. Silahkan tunggu beberapa saat winbox melakukan update ke versi terbaru sehingga kompatible dengan winbox yang anda gunakan. Saat proses update laptop ataupun komputer harus terkoneksi dengan internet.

Untuk update winbox
1. langkah pertama buka winbox, klik menu tools -->check for updates



2. Jika di komputer anda ada software virtualbox, maka interface virtual box bisa disable atau di nonaktifkn.
3.Untuk mengamankan winbox anda bisa lakukan langkah langkah berikut ini dengan mengganti service. Anda perlu check IP--> Service. Pastikan port yang dipakai masih standart bawaan mikrotik seperti di bawah ini.


Jika salah satu port di atas sudah di rubah, misalkan untuk winbox 8291 di ganti 8295 otomatis winbox tidak bisa di remote. Kita bisa merubah suatu service agar bisa di akses menggunakan ip tertentu misalnya port 8295 hanya bisa di akses oleh ip 192.168.10.50. Caranya dengan menambahkan parameter ip seperti di bawah ini. Klik 2x pada service port akan muncul jendela baru.


4. Pastikan interface ether1,ether2,ether3 dst yang terhubung ke swicth maupun laptop untuk remote via winbox running atau aktif dengan tanda R seperti gambar di bawah ini.


Artinya jika interface running maka ada host yang terkoneksi ke routerboard tersebut seperti PC/laptop, swicth, modem atau perangkat jaringan yang lain. 

5. Mikrotik hang, cara mengatasi dengan restart ulang mikrotik bisa dengan mencabut power adaptor yang tertancap ke listrik. Jika sudah hang kita tidak bisa melakukan apa apa kecuali restart dengan mencabut adaptor.

6. Mikrotik belum terkoneksi dengan benar dengan kabel LAN. Pastikan pemasangan kabel lan dengan interface mikrotik terpasang dengan benar, kabel lan yang longgar akan menyebabkan konkesi ke routerboard tidak berfungsi.

Post a Comment

1 Comments

  1. Did you realize there is a 12 word sentence you can say to your crush... that will trigger intense feelings of love and instinctual attraction for you buried within his heart?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, please and care for you with his entire heart...

    12 Words Who Fuel A Man's Desire Response

    This impulse is so built-in to a man's brain that it will make him try better than ever before to make your relationship as strong as it can be.

    In fact, fueling this mighty impulse is absolutely essential to achieving the best possible relationship with your man that the second you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll instantly notice him expose his heart and soul to you in a way he haven't expressed before and he'll distinguish you as the only woman in the universe who has ever truly fascinated him.

    ReplyDelete