Iklan 728x90

Cara Setting Wireless Router Tambahan ke Modem ONT Indihome



Anda mungkin menginginkan jangkauan sebuah WiFi router bisa menjangkau ke seluruh area ruangan sehingga koneksi bisa menjadi lancar saat kita berpindah pindah tempat. Agar kondisi seperti ini bisa terwujud maka anda harus menambah sebuah wireless router di area yang anda inginkan sehingga jangkauan WiFi menjadi lebih luas.

Untuk menambah wireless router di area tertentu anda tidak perlu memodifikasi wireless router utama, apakah router yang anda tambahkan di hubungkan menggunakan kabel LAN UTP atau menggunakan wireless dengan mode repeater. Dalam tutorial kali ini saya hubungkan menggunakan kabel LAN antara kedua router, router utama dan router kedua.

Untuk router utama saya menggunakan modem ONT indihome karena ISP menggunakan punya telkom.

Beberapa langkah yang harus anda lakukan yaitu.

1. Hubungkan modem ONT Indihome dengan wireles router ke dua, dengan cara colokkan kabel LAN pada port LAN Indihome setelah itu hubungkan kabel LAN ke wireless router pada port WAN. Untuk setting wireless router kedua hubungkan kabel LAN pada port LAN ke komputer atau laptop.
2. Untuk modem indihome tidak perlu kita konfigurasi, untuk masuk ke setingan wireless router ke 2 gunakan alamat ip 192.168.0.1 silahkan anda ketikkan pada alamat URL browser anda, kebetulan saya menggunakan merk tenda.


Masuk ke menu internet setting, saya memilih Static IP dan saya sesuaikan dengan IP LAN Modem indihome. Anda juga bisa memilih dynamic IP jika service DHCP di aktifkan. Silahkan anda isi parameter yang di butuhkan sesuai dengan gambar diatas.

3. Klik menu wireless setting untuk konfigurasi SSID dan password WiFi


Untuk keamanan security setting bisa anda tambahkan, agar jaringan WiFi anda lebih aman, untuk konfigurasi IP LAN saya gunakan default bawaan dari tenda yakni 192.168.0.1 konfigurasi DHCP juga default tidak saya konfigurasi. 

Setelah semua terkonfigurasi anda perlu merapikan router tambahan mulai dari kabel yang terpasang, merapikan tempat dll.

Tips mengatasi masalah Wifi router yang tidak terkoneksi.
1. Pastikan terlebih dahulu koneksi internet lancar atau bermasalah dari router utama. Jika router utama lancar tanpa ada masalah di pastikan wireless router tambahan yang bermasalah.

2. Jika wirreless router sudah menyala lama nonstop 24 jam kemungkinan dalam kondisi panas matikan sekitar 30 menit untuk mendinginkan router tersebut.

3. Pastikan kabel penguhubung dalam kondisi baik, barangkali ada colokan kabel LAN yang terlepas.

4. Pastikan router tersebut bisa menyala dengan baik tanpa ada gangguan,

5. Jika router tidak menyala pastikan cek adaptor listrik, ganti adaptor dengan spesifikasi yang sama volt dan ampre.

6. Jika router menyala namun tidak berfungsi akses internet tidak ada maka perlu di reset dan konfigurasi ulang.

Post a Comment

0 Comments