Iklan 728x90

Mengatur Tx Power Jangkauan Kekuatan Sinyal WiFi di Mikrotik



Tx Power merupakan kemampuan daya pancar pada perangkat wireless. Mikrotik memiliki daya pancar yang bervariasi misalnya 21 dbm, 29 dbm hingga 31 dbm. Kekuatan Tx Power pada sebuah perangkat Wireless tergantung pada interface wireless yang digunakan. Pada routerboard mikrotik Tx Power pada perangkat Mikrotik bisa kita modifikasi sesuai dengan kebutuhan kita.

Jika pada sebuah ruangan banyak terdapat access point agar tidak saling mengganggu atau interferensi kekuatan Tx power bisa kita perkecil sehingga mengurangi terjadinya overloaping. Jika perangkat yang terhubung dengan access point hanya menggunakan jarak yang dekat tidak terlalu jauh nilai Tx power bisa kita perkecil.

Berikut cara merubah nilai Tx Power
1.Klik Wireless --> Interface -->Advance mode



2. Klik Tab Tx Power


Secara default penggunan  Tx Power bervariasi tergantung dari berapa data rate yang digunakan. Semakin kecil data-rate maka semakin besar Tx-Power yang digunakan dan sebaliknya semakin besar data-rate maka semakin kecil Tx-Power yang digunakan.
Untuk mengetahui informasi penggunaan data-rate wireles Klik Tab Current-Tx Power.




Terdapat 4 pilihan yang bisa kita pilih pada pengaturan Tx Power:

1. Default: Mode yang digunakan secara default oleh sistem. Pengaturan Tx Power akan secara otomatis, di atur oleh sistem.
2. Card Rates: Penggunaan tx-power pada data rate dihitung berdasarkan algoritma perhitungan transmit power dari eeprom sesuai nilai yang kita isikan pada parameter Tx Power
3. All Rates Fixed: Wireless akan menggunakan nilai Tx-Power yang sama untuk semua data rate yang digunakan. Pengaturan Tx Power misalnya 5 dBm
4. Manual: menentukan Tx Power untuk setiap data rate secara terpisah




Post a Comment

0 Comments