Iklan 728x90

Cara Konfigurasi TP-Link TL-WR1043ND Wireless Router



Produk wireless yang saya bahas kali ini yakni TP-Link seri TL-WR1043ND yang bisa anda gunakan sebagai wireless router di rumah maupun di kantor. Wireless router seri ini sangat cocok di gunakan pada lingkungan yang memiliki mobilitas tinggi trafik data yang mampu di bawa hingga 450 Mbps kecepatan ini berjalan pada frekuensi 2.4 GHz single band. Anda bisa menikmati video HD streaming dan online gaming dengan pengalaman yang lebih baik dari 300Mbps dan 150Mbps.

Memakai 3 buah antena 5 dBi MIMO sangat cocok dengan intensitas sinyal wireless yang kuat saat di gunakan pada lingkungan rumah dan kantor. Sudah tersedia port Gigabit LAN yang terpasang memungkinkan trafik data yang di lewatinya lebih besar hingga 1 Gbps. Adapula port USB multi fungsi yang terpasang pada wireles ini sehingga akan memudahkan anda berbagi printer, file dan media baik keseluruh jaringan baik kabel maupun wireles.

Berikut ini cara konfigurasi TP-Link TL-WR1043ND

1. Hubungkan wireless router ke laptop dengan kabel UTP/Lan melalui port LAN di wireless router ke komputer, atau anda bisa juga setting melalui jaringan wireless. Pastikan IP Laptop anda dalam kondisi DHCP aktif pilih menu obtain ip address automatically.
2. Hubungkan port internet WAN warna biru melalui kabel LAN ke sumber internet bisa Modem indihome, mikrotik router, swicth dll.

3. Login ke wireless router melalui browser dengan mengetikkan alamat URL 192.168.0.1
4. Silahkan login menggunakan user dan password admin
5. Klik menu Network -->WAN, saya menggunakan dynamic IP karena router ini mendapatkan IP address dari modem Indihome. Untuk primary DNS biasanya otomatis di dapat dari sumber internet.


6. Klik menu LAN, anda bisa ganti IP LAN. Saya menggunakan IP 192.168.100.1. Setelah selesai mengganti IP Address LAN untuk konfigurasi login anda harus menggunakan ip yang sudah di ganti tadi yakni 192.168.100.1




7. Selanjutnya Klik menu DHCP, berfungsi memberikan IP Address ke client yang terkoneksi wireless router ini baik menggunakan wireless maupun kabel.


8. Setelah itu anda Klik menu Wireless -->Wireless Setting


9. Masih di menu wireless, anda bisa tambahkan security untuk password WiFi. Klik menu Wireless Security.

10. Lindungi konfigurasi wireless router anda dengan mengubah password default saat login, pada menu System tools --> Password. Silahkan anda ganti user dan password default admin tadi.
Demikianlah tutorial cara konfigurasi Wireless router TP-Link TL-WR1043ND, semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda semoga berguna.

Post a Comment

0 Comments