Iklan 728x90

Cara mengatasi Hotspot Mikrotik Agar Tidak Sering Login



Fitur Hotspot yang ada di mikrotik sangat memudahkan kita untuk memanajemen user, keamanan menggunakan sistem autentifikasi, manajemen bandwidth dll. Jika kita salah konfigurasi akan menyebabkan user kurang nyaman akibat dari sering munculnya halaman login di fitur hotspot tersebut.

Halaman login yang sering muncul beberapa waktu tertentu, atau saat terjadi pemadaman listrik setelah nyala ternyata halaman login hotspot mikrotik muncul. Nah kira kira apa penyebabnya, agar halaman autentifikasi hotspot mikrotik tidak sering muncul.

Nah.. agar layanan hotspot bisa memberikan layanan yang nyaman bagi pelanggan sebaiknya di perhatikan beberapa konfigurasi berikut ini:
1. Buka Konfigurasi Routerboard dengan winbox
2. Buka menu IP --> Hotspot -->Server Profile



3. Pada bagian Hsprof1 klik 2x untuk melihat konfigurasi Hotspot Server Profile


4. Masuk ke tab user profile, pilih salah satu profile dan konfigurasi seperti gambar berikut ini

Mac Cookie Timeout : silahkan diisi dengan paket terlama yang anda punya , contoh diatas adalah paket terlama yang ada satu minggu atau 5 hari 


idle timeout adalah ketika user sedang konek ke wifi tapi tidak ada sedikitpun aktivitas maka dia akan logout sendiri dan dengan settingan mac cookie diatas ketika dia ada aktivitas kembali akan login otomatis.

Keepalive timeout adalah ketika user tidak tersambung ke jaringan wifi dia akan keluar otomatis sesuai waktu yang di setting dan akan  login secara otomatis tanpa memasukkan user password ketika tersambung kembali ke jaringan wifi namun dengan syarat network wireles menggunakan fitur WDS.

5. Meliht user yang sedang Aktif.
IP --> Hotspot --> Active



Post a Comment

0 Comments