Iklan 728x90

Cara Reset Wireless Router TP-LINK



Wireless Router salah satu perangkat jaringan yang memiliki fungsi penting, mendukung mobilisasi prangkat wireless semakin berkembang untuk konektifitas dalam kehidupan sehari hari. Sebuah perangkat wireless router harus menyala nonstop sepanjang waktu untuk melayani kebutuhan internet, seiring pemakaian kadang kala sering terjadi permasalahan seperti koneksi yang semakin lemot, respon jaringan internet kurang maksimal.

Permasalah yang umum terjadi dimana router tidak merespon. Terkadang SSID atau nama Wifi yang dihasilkan oleh Wireless Routert juga masih bisa kita deteksi dan bisa dihubungkan dengan perangkat smartphone, namun ketika telah terhubung malah no internet access. Padahal dalam kasus ini setingan koneksi internet dari wireless router ke router utama baik baik saja, semua pengkabelan jaringan internet normal, IP Wan juga terdeteksi

Manual Reset Agar Router Kembali ke Pengaturan Awal
Setiap wireless router memiliki tombol reset berbeda beda, ada yang menyatu dengan tombol WPS ada juga yang tersenbunyi di dalam casing, untuk menekan diperlukan ujung pulpen atau sim injektor untuk menekan tombolnya

Untuk melakukan reset manual cukup mudah, nyalakan router kemudian tekan tombol reset kurang lebih 10 detik sampai lampu indikator kedip kedip menyala lalu lepaskan. Setelah itu, semua pengaturan pada router anda akan kembali ke pengaturan awal saat seperti anda membeli router baru, setelah ini bisa anda setting ulang.





Reset Default Router Melalui Web service
1. Pastikan laptop atau komputer anda telah terhubung ke Router dengan menggunakan kabel lan dengan segmen ip address yang sama.
2. Akses alamat ip address milik router melalui browser misal 192.168.1.1
3. Login dengan username dan password wireless router anda.
4. Setelah berhasil login, silahkan masuk ke halaman System Tool, kemudian pilih sub menu Factory Default, lalu silahkan klik pada tombol Restore.



5. Jika anda melihat dialog konfirmasi, silahkan klik pada tombol OK, router melakukan proses factory reset atau kembali ke pengaturan awal.

Setelah proses reset selesai maka wireless router akan kembali ke pengaturan awal termasuk IP Lan, user password router yang digunakan untuk konfigurasi.

IP Address : 192.168.0.1
Username : admin
Password : admin



Demikian pembahasan cara reset wireless router tp-link, jika ada yang kurang jelas mengenai tutorial ini silahkan bertanya di kolom komentar, semoga berguna.

Post a Comment

3 Comments