Iklan 728x90

Cara Setting Wireless Router TP-LINK TL-WR720N



Bagi pengguna jaringan nirkabel tentunya sudah tidak asing lagi dengan wireless router TP-LINK TL-WR720N, produk ini cukup terjangkau di kalangan masayarakat indonesia jika ingin memasang jaringan WiFi di rumah dengan budget yang minim. Sangat cocok di gunakan untuk rumah maupun kantor kecil mendukung standart 802.11 b/g/n tentunya sudah cukup untuk keperluan jaringan nirkabel di rumah anda.

Para penggiat usaha RT/RW Net  sering memakai wireles router ini karena di rasa cukup stabil menyala full 24 jam. Memiliki 2 interface LAN dan 1 Interface WAN, 1 Antenna 5 dBi Fixed Omni Directional Frequency 2.4-2.4835 GHz Signal Rate Up to 150Mbps. Untuk konfigurasi sangat mudah sekali orang awam pun bisa melakukannya.

Berikut ini langkah konfigurasinya
1. Hubungkan inetrface port lan warna kuning ke komputer/laptop sedangkan port WAN  warna biru ke jaringan internet, jaringan inetrnet di sini bisa modem indihome, mikrotik router atau swicth yang sudah ada akses iternet. Pastikan IP Komputer/laptop mendapatkan ip dhcp dari TL-WR720N

2. Buka browser kesayangan anda ketikan 192.168.0.1 pada alamat URL, isikan username dan password default admin
3. Masuk ke menu Network klik WAN, pilih WAN Connection Type Dynamic IP  lalu klik Save

4. Untuk IP LAN tidak usah di konfigurasi, saya memakai ip default 192.168.0.1
5. Klik menu DHCP pilih DHCP Setting


6. Masuk ke menu Wireless lalu klik wireless settings


7. Untuk menambahkan security wireless agar jaringan lebih aman, masuk ke menu wireless security
pilih WPA-PSK/WPA2-PSK pada bagian bawah sendiri


8. Untuk menjaga konfigurasi wireless router agar tidak di utak atik orang yang tidak bertanggung jawab sebaiknya ganti username dan password router pada menu System Tools pilih Password


Selesai sudah, saatnya kita mengetes wifi yang sudah di konfigurasi diatas dengan memasukkan username dan pasword wireless yang sudah kita tentukan di settingannya, demikian tutorial kali ini semoga berguna dan bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments