Iklan 728x90

Cara Uninstall Mysql di Ubuntu dan Debian8




MySQL merupakan database management system (manajemen basis data) menggunakan perintah dasar SQL (Structured Query Language). Database management system (DBMS) MySQL multi pengguna dan multi alur ini sudah dipakai lebih dari 6 juta pengguna di seluruh dunia.

MySQL adalah DBMS yang open source memiliki dua bentuk lisensi, yaitu Free Software (perangkat lunak bebas) dan Shareware (perangkat lunak berpemilik yang penggunaannya terbatas). Jadi MySQL adalah database server yang gratis dengan lisensi GNU General Public License (GPL) sehingga pemakai bisa menggunakan untuk keperluan komersil maupun pribadi.

Tutorial kali ini mengatasi masalah dependensi saat proses instalasi maupun upgrade ke versi Mysql yang lebih tinggi. Biasanya mysql tidak jalan ada banyak penyebabnya, seperti proses instalasi yang terhenti akibat masalah koneksi internet sehingga alamat repository tidak bisa terhubung ke server.

Mungkin anda pernah mengalami eror saat melakukan instalasi mysql-server, sehingga mysql tidak bisa dijalankan dan tidak bisa login ke user mysql dengan perintah mysql -u root -p. 

Berikut langkah langkahnya

1. Matikan service mysql

#/etc/init.d/mysql stop

2. Hapus Service pendukung Mysql

#apt-get purge mysql-server mysql-client mysql-common mysql-server-core-* mysql-client-core-*

3. Hapus konfigurasi mysql dan data pada direktory di bawah ini

#rm -rf /etc/mysql/var/lib/mysql

4. Hapus user beserta groupnya

#deluser --remove-home mysql
#delgroup mysql

5. Jalankan perintah berikut

#apt-get autoremove
#apt-get autoclean


Post a Comment

0 Comments