Iklan 728x90

Cara Mengatur Jarak Jangkauan Wireless Router




Mungkin ada yang bertanya, mungkinkah jangkauan sinyal wireless bisa di atur, ini merupakan pertanyaan yang menarik. Tips ini bisa anda terapkan di rumah ke semua perangkat wireless seperti wireless router, ONT indihome, dan penyedia layanan internet yang lain. 

Mengatur jarak jangkauan wireless bisa melindungi jaringan yang kita gunakan, karena ruang lingkup sinyal hanya di sekitar kita karena orang di luar rumah atau kantor tidak bisa menggunkannya jadi kita tidak perlu kawatir wireless kita di bobol orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara membatasi jarak jangkauan WiFi sangatlah mudah, asalkan password konfigurasi untuk login ke sistem setting pada wireless router anda mengetahuinya. Tapi biasanya password setingan menggunakan user dan password default yakni admin. Secara umum semua wireles router atau modem dengan fitur WiFi Power Control memiliki kekuatan default 100%. Jika menggunakan power 100% sinyal WiFi teralu kuat sehingga banayak perangkat asing ikut terkoneksi jaringan WiFi di rumah anda maka kita bisa turunkan ke angka yang lebih rendah.

Berikut langkah konfigurasinya.

1. Masuk ke setingan wireless router melalui browser dengan mengetikan alamat defalt 192.168.1.1 bisanya user dan password admin jika belum di ganti.

2. Klik menu WLAN => WLAN Advanced Configuration => Tx Power => 20/40/60/80/100


Selain mengganti password WiFi secara teratur, atau membatasi jarakmerupakan salah satu cara yang lumayan efektif untuk memastikan jaringan WiFi tidak digunakan oleh orang lain. Sebenarnya ada cara yang lebih simple dengan menggunakan filtering mac address, semua mac address pengguna kita masukkan, untuk mode kita pilih White List.


Alamat Mac Address yang kita gunakan adalah punya nya wireless lan di masing masing perangkat baik itu smartphone, laptop atau perangkat wireless yang lain. Dengan begitu hanya mac address yang cocok yang bisa terkoneksi dengan WiFi kita.

Dengan menurunkan tingkat kekuatan transmisi sinyal wireless, secara otomatis jarak jangkauan akan semakin sempit, sehingga jaringan kita akan lebih aman.

Demikianlah tutorial cara Cara Membatasi Jarak Jangkauan WiFi dengan mengubah pengaturan modem atau router yang digunakan. Pada dasarnya semua merk router cara merubahnya sama, yakni terletak pada pengaturan menu Wireless >> advance selamat mencoba, semoga berguna.


Post a Comment

1 Comments

  1. Kalau menggunakan filtering mac Address saat ini sudah kurang efektif karena hp2 keluaran terbaru ada fitur Mac Address Random jadi selalu berubah2

    ReplyDelete