Iklan 728x90

Tips Memilih Wireless Outdoor




Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, maka perusahaan pelaku bisnis teknologi semakin berlomba-lomba menciptakan varian wireless outdoor terbaik dan terjangkau untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Fitur baru dan kecanggihan teknologi akan selalu diciptakan menjadi magnet bagi penggunanya. Seperti kapasitas bandwidth yang bisa di kirim serta jangkauan sinyal sangat berpengaruh dalam membeli perangkat wireless yang akan digunakan

Penambahan fitur radio wireless outdoor seperti kemampuan melakukan video call, video dan atau telepon conference sangat memudahkan pemilik bisnis melakukan konsolidasi jarak jauh. Fitur kebutuhan yang dianjurkan ada di dalam wireless yaitu mode multifungsi, mendukung fitur WDS dan wireless N serta mendukung keamanan.

Saat kita ingin membangun sebuah jaringan internet menggunakan wireless tentukan perangkat radio apa dan antena seperti apa yang cocok dan memiliki cakupan yang luas, apakah topologi yang kita gunakan point to point ataukah point to multipoint. Dari topologi yang kita tentukan pastikan jenis antena seperti, sectoral, directional, omnidirectional jenis antena tersebut memiliki cakupan yang berbeda beda.

Pemilihan Antena

1. Antena Sectoral


Antena Sectoral adalah Antena yang mempunyai gain jauh lebih tinggi dibanding omnidirectional. Antena Sectoral bekerja pada jarak atau area 1-3 km. Sudut pancaran antenna ini adalah derajat dan tingkat ketinggian pemasangannya harus diperhatikan agar tidak terdapat kerugian dalam penangkapan sinyal.

2. Antena Directional


Antena jenis ini merupakan jenis antena dengan narrow beamwidth, yaitu punya sudut pemancaran yang kecil dengan daya lebih terarah, jaraknya jauh dan tidak bisa menjangkau area yang luas, antena directional mengirim dan menerima sinyal radio hanya pada satu arah, umumnya pada fokus dengan sudut sangat sempit, dan biasanya digunakan untuk koneksi point to point, atau multiple point, macam antena direktional seperti antena grid, dish “parabolic”, yagi, dan antena sectoral.

3. Antena Omnidirectional


Perangkat Wireless Radio

Pemilihan perangkat wireless radio kita tentukan , frekuensi mana kita akan membuat infrastruktur jaringan, kita bisa memilih menggunakan frekuensi  2,4 GHz , 5 GHz atau dualband yang bisa berjalan secara bersamaan. Pemilihan perangkat berdasarkan fungsinya sebagai Access Point atau Client (CPE) juga memiliki spesifikasi tersendiri agar titik temu kedua perangkat dari sisi server maupun client saling terhubung saat transmite dan receive.

Perangkat wireless outdoor memberikan jangkauan servis yang jauh dan dapat memberikan network coverage yang luas, cepat dan aman. Wireless outdoor yang ideal memiliki kecepatan hingga 450 Mbps.

1. Mikrotik

Tidak usah diragukan vendoor mikrotik telah berpengalaman dalam menunjang kebutuhan networking, salah satunya perangkat wireless outdoor mungkin bisa menjadi reverensi anda dalam menentukan kebutuhan perangkat.

mANTBox-15s adalah perangkat wireless embedded Sectolal 5GHz pertama dari Mikrotik. Dengan Power 31db dapat digunakan untuk point to multipoint link AP. Menggunakan protokol 802.11a/n/ac (5GHz) dan teknologi TDMA, dalam kondisi ideal bisa mencapai 300Mbps throughput. Termasuk mounting dan antenna dengan 2 polarisasi 15dbi Sectoral 120 Deg.

2. Ubiquiti

Vendor UBNT juga tidak mau ketinggalan yakni UAP-OUTDOOR5 UniFi 5 GHz Access Point, banyak inovasi teknologi yang di usung pada perangkat wireless yang di produksi. Jika anda memilih perangkat ini sangat cocok untuk menunjang kebutuhan wireless anda khususnya untuk kebutuhan outdoor.

Produk dari Ubiquiti memiliki kinerja yang lumayan baik, dengan frekuensi 5 Ghz di lengkapi dengan antena 6 dBi Omni sanggup memancarkan sinyal Wireless sampai 183 meter. Jika ingin lebih jauh lagi bisa di gunakan antena dengan tingkat dBi yang lebih tinggi untuk jangkauan yang lebih jauh, bisa antena sectoral, parabolic, atau omni.
Spesifikasi
Data Rates                  300 Mbps
Encryption                   WEP, WPA-PSK, WPA-Enterprise (WPA/WPA2, TKIP/AES)
Operating Frequency 5Ghz
Dimensions                 170 x 80 x 30 mm
Network Connection 2 x 10/100 Ethernet Ports
Antenna                       2x 6dBi Omni Antenna
Standards Protocol      802.11a/n

Post a Comment

0 Comments