Iklan 728x90

Cara Konfigurasi Wireless Router Totolink A830R



TOTOLINK A830R Wireless Dual Band, merupakan alat jaringan yang digunakan untuk router maupun access point, selain itu, Totolink A830R juga dapat di fungsikan untuk menangkap sinyal wifi dan di sebarkan kembali, tidak hanya itu alat tersebut juga bisa digunakan untuk memperluas sinyal wifi. Pada pembahasan sebelumnya saya review produk dari totolink yakni seri A830R, untuk artikel kali ini konfigurasinya ke jaringan internet dengan mode router.

Untuk sumber internet saya menggunakan mikrotik yang terhubung ke ONT Indihome, di mikrotik saya atur menggunakan IP Hotspot login menggunakan mac address. Keuntungan menggunakan mac address menurut saya lebih enak di pakai, misalkan ada listrik padam secara otomatis bisa langsung login.

Cara Konfigurasi Totolink A830R

1. Lansung pasang Totolink ke mikrotik pada port WAN, langsung koneksikan laptop ke SSID Totolink yang tertera di belakang wireless router. SSID nya ada dua karena router ini dualband 5 GHz dan 2,4 GHz

2. Login dengan IP Address 192.168.0.1 di URL Browser anda, user dan password admin


3. Klik menu Operation Mode, pilih Gateway mode, klik apply


4. Klik menu Nework, WAN Setting > WAN Connection Type > DHCP > Klik Apply


5. Masih di menu Network pilih LAN Setting, jika ingin merubah alamat IP Address LAN, jangan lupa range IP DHCP diberikan sesuai jumlah client yang akan terkoneksi ke wireless router, setelah itu klik Apply agar konfigurasi bisa tersimpan.


6. Untuk jaringan wireless saya hanya aktifkan yang 2.4 GHz saja, klik menu 2.4G Wireless > Basic Setting > klik Apply

7. Ubah user dan password login totolink di menu Management > Administrator setting


Sampai disini konfigurasi telah selesai, silahkan mencoba koneksikan smartphone atau Laptop ke Wireless router. Jika anda menggunakan konfigurasi IP Hotspot dari mikrotik anda bisa login menggunakan alamat mac address totolink ini. Namun sebelumnya mac address WAN harus di copy ke user hotspot mikrotik.

Post a Comment

1 Comments