Iklan 728x90

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan PC




Saat anda berencana membeli sebuah PC maupun laptop pasti anda akan mencari harga dan spesifikasi melalui informasi yang ada di mesin pencari, laptop baru maupun bekas yang kita beli tentu ingin mengetahui spsifikasi di dalamnya sehingga kemampuan untuk mengerjakan tugas tugas penting bisa berjalan maksimal. Deskripsi dari spesifikasi laptop adalah kemampuan komponen komputer mulai dari kecepatan processor, dan komponen yang lain model hingga keterangan merk pembuatnya. 

Kecepatan prosesor biasanya ditunjukkan dalam gigahertz (GHz), maka semakin tinggi angkanya, semakin cepat komputer dalam bekerja. Random Access Memory (RAM) biasanya ditunjukkan dalam gigabytes (GB). Semakin tinggi nilai RAM di komputer, semakin banyak pemrosesan data yang dapat dilakukan secara bersamaan.

Cara mengetahui spesifikasi laptop sangat mudah. Berikut beberapa cara melihat spesifikasi laptop maupun komputer:

1. Klik kanan icon This PC, lalu pilih properties lalu akan muncul windows baru berisikan beberapa informasi seperti sistem operasi, prosesor, RAM , dll.





2. Cara Cek Spek Laptop Kedua

Jika cara di masih belum cukup, maka Anda bisa mencoba cara cek spek PC yang kedua.

Tekan tombol Windows + R di keyboard PC atau laptop Anda.


Kemudian ketikkan dxdiag lalu tekan enter atau OK. Tunggu beberapa saat, akan muncul sebuah windows seperti di bawah ini.



Anda dapat melihat seluruh informasi spesifikasi PC atau Laptop mulai dari Hardware, sound, GPU dan seluruh informasi tersaji jelas.

3. Menggunakan CPU-Z

Jika anda ingin mencoba menggunakan software pihak ke tiga, anda bisa menggunakan aplikasi CPU-Z untuk melihat beberapa informasi spesifikasi laptop. Anda harus mendownload dan menginstall CPU-Z pada komputer atau laptop.

1. Anda bisa melihat lebih detail tentang CPU, seperti nama processor, jumlah core speed pada kolom CPU.

2. Jika ingin melihat informasi mainboard komputer atau laptop anda, anda bisa membuka kolom main board yang pada CPU-Z.

3. Pada kolom tipe memory, anda dapat melihat tipe dari memory, sedangkan pada kolom tab SPD, anda bisa melihat jumlah slot RAM dan beragam informasi mengenai RAM yang digunakan oleh komputer.

Demikianlah artikel tentang cara melihat spesifikasi laptop dan PC untuk mengetahui spesifikasi komputer dan laptop pada windows, dengan melihat dan mengetahui spesifikasi dari komputer atau laptop, anda dapat menyesuaikan segala aplikasi yang ada sesuai kemampuan komputer sehingga bisa berjalan dengan baik.


Post a Comment

0 Comments