Iklan 728x90

Mengatasi Penyebab Laptop Lemot




Menggunakan laptop untuk pekerjaan sehari hari sangat membantu kita, pekerjaan akan lebih cepat diselesaikan. Namun seiring berjalannya waktu laptop yang kita gunakan kinerja nya semakin menurun dan menjadi lemot. Laptop yang lemot menjadi masalah ketika pekerjaan kita banyak sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Laptop yang lemot menjadi masalah yang sering kita jumpai, masalah seperti ini bayak faktor seperti hardware dan software ataupun virus yang menyerang sistem operasi laptop kita.

Saat mengoperasikan laptop seharusnya kita mengetahui kapasitas laptop terebut digunakan untuk apa, sekedar mengoperasikan aplikasi office, desain grafis, editing video, programming dll. Tentu saja setiap pekerjaan mebutuhkan spesifikasi laptop yang berbeda beda mulai jenis dan kecepatan processor, kapasitas RAM, GPU, Harddisk dll.

Berikut adalah cara mengatasi laptop lemot :

1. Mencari Penyebabnya

Mencari tahu penyebab masalah dengan memeriksa kondisi laptop kita, periksa aplikasi yang berjalan pada baground dengan melihat pada task manager. Biasanya aplikasi yang berjalan secara baground tidak terlihat, kita hanya bisa memantau pada aplikasi task manager. Untuk membuka task manager anda bisa menekan tombol Ctrl + Alt + Dell dan pilih task manager. Atau dengan klik kanan pada menu task bar bawah dan pilih task manager.


2. Hapus program yang berjalan saat startup

Penyebab laptop lemot adalah banyak aplikasi yang berjalan, semakin banyak aplikasi maka kinerja RAM dan Processor semakin meningkat, anda bisa mematikan aplikasi yang berjalan saat starup caranya cukup membuka Task Manager dari klik kanan di tombol Start atau tekan tombol Windows + X pada perangkat Windows 10. Pada bagian Start-up, klik program yang ingin dihapus lalu pilih Disable.


3. Hard drive jangan sampai penuh

Menyimpan banyak data di laptop selain membuat Hard Drive penuh juga mempengaruhi kecepatan perangkat apalagi mengisi Drive dengan file berat seperti video, game, desain maka hard drive akan cepat penuh. Bersihkan laptop dari file yang tidak penting sehingga space hard drive akan semakin lega, anda bisa menggunakan tools Disk Cleanup untuk menghapus temporary file.

4. Mematikan laptop setelah digunakan

Masalah laptop yang lemot biasanya dari perilaku kita saat menjalankan laptop, seperti membiarkan laptop sleep atau mode hibernate sepanjang waktu. Mode tersebut akan membiarkan laptop menyala sepanjang waktu jika di biarkan terus menerus akan mengakibatkan laptop menurun kinerjanya. Melakukan shutdown laptop sangat baik untuk menjaga umur laptop agar lebih awet. Dengan shutdown maka hardware bisa beristirahat meskipun hanya beberapa jam saja. Selain itu mematikan laptop setelah digunakan memungkinkan laptop menginstall update Windows secara berkala. Tentu saja kebiasaan mematikan laptop dengan shutdown akan tetap menjaga kondisi laptop, sekaligus dapat menghemat listrik.

5. Membersihkan browser add ons yang menggangu

Program extensi browser atau add-ons dapat meningkatkan pengalaman saat browsing namun menggunkaan add-ons yang terlalu banyak menyebabkan kinerja processor semakin meningkat. Anda perlu menon aktifkan eketensi browser jika tidak dibutuhkan, Jika anda menggunakan Firefox, silahkan klik tombol menu paling kanan, kemudian pilih Add-ons, Selanjutnya klik disable atau remove .

Bagi yang menggunakan Chrome, klik menu Chrome (tombol titik tiga) pada kanan atas, lalu klik More tools, pilih Extensions. Geser centang ke kiri untuk disable ekstensi yang diinginkan, Jika ingin menghapus, klik Remove.

6. Membersihkan sampah laptop

Memberishkan laptop dari berbagai macam file seperti temporary bisa dilakukan pada menu Run, Untuk membuka menu Run Cukup tekan tombol kombinasi keyboard Windows + R lalu ketikan perintah %temp% lalu tekan Enter.


Pada folder Temp tersebut hapus isi file sampah dengan cara Block atau Ctrl + A kemudian tekan Dell.

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas menunjukkan puluhan hingga ratusan temporary file yang tersimpan pada laptop.

7. Membuka tab dan aplikasi terlalu banyak

Membuka banyak Tab dan aplikasi sekaligus membuat RAM bekerja lebih keras. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan laptop maka semakin memperlambat respon laptop tersebut. Untuk mengatasinya cukup menutup setiap tampilan yang tidak dipergunakan. Usahakan hanya mebuka aplikasi yang dipergunakan saja, aplikasi yang tidak perlu silahkan di tutup.

8. Overheat

Penyebab lain laptoplambat karena overheat. Overheat merupakan istilah dimana komponen laptop menghasilkan panas yang terlalu berlebih, sehingga sistem terpaksa untuk menurunkan performa chipset untuk melindungi komponen laptop agar tidak rusak. Penurunan performa ini yang biasanya kita rasakan seperti penurunan kinerja CPU.

Salah satu penyebab utama overheating yang paling umum ditemui adalah heatsink yang tersumbat debu halus. Fungsi utama heatsink adalah menyalurkan panas yang dihasilkan oleh komponen salah satunya Processor untuk kemudian panas itu dibuang melalui kipas laptop. Jika lubang heatsink tertutup maka pemindahan panas menjadi terganggu sehingga pendinginan menjadi terhambat.

Ada juga faktor lain seperti thermal paste CPU/GPU telah mengering, untuk membersihkan dan menambahkan thermal paste kita harus bongkar laptop lalu heatshink lakukan secara berkala.

Demikianlah cara mengatasi laptop yang lemot, Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda, khususnya yang memiliki problem tentang laptop. Semoga berguna.


Post a Comment

1 Comments

  1. Bangamingadget.com merupakan penyedia layanan barang dan jasa service laptop terbaik. Dengan Rating 4.6/5 dari 1900 ulasan google. selain itu owner kami alumni ITB berintegritas lho!! pasti trusted!
    https://bangamingadget.com/shortcut-keyboard-mac-yang-perlu-kamu-ketahui/

    ReplyDelete