Iklan 728x90

Parameter Hotspot Mikrotik Agar User Nyaman Tanpa Sering Login



Tutorial kali ini membhasa tentang cara mengatasi user hotspot nyaman, biasanya beberapa saat akan muncul halaman login jika user tanpa melakukan aktifitas data. Bagi user yang tidak paham tentang kondisi seperti ini pasti sering mengeluh akibat terputusnya koneksi internet karena muncul autentifikasi berupa halaman login.

Anggap saja masalah diatas tidak terlalu merepotkan user. Namun masalah terjadi ketika pelanggan anda lupa password, maka hal ini akan mempersulit mereka karena sistem hotspot anda terlalu ribet.

Berikut ini parameter yang harus kita ganti, dari kondisi default

1. Masuk ke winbox lalu klik menu ip > hotspot > servers profile 

2. Klik tab "login" lalu centang sesuai gambar berikut :


3. Klik Apply dan OK untuk menyimpan 

4. Setelah itu ke menu IP > Hotspot > User Profiles 

5. Lalu klik "user profile" yang akan di edit lalau klik OK


Idle Timeout itu adalah waktu dimana user authorized (aktif) akan logout secara otomatis dari mikrotik ketika / jika user tersebut tidak terdeteksi mentransfer data dari dan ke mikrotik selama kurun waktu yang ditentukan di settingan Idle Timeout.

Keepalive Timeout adalah waktu dimana user authorized (aktif) akan logout secara otomatis dari mikrotik ketika user terputus secara fisik dari mikrotik, misalnya saat user shutdown, tentunya setelah mencapai waktu yang ditentukan di settingan Keepalive Timeout.

6. Masuk ke bagian Tab Server, ganti idle timeout di rentang waktu 5 menit



Konfigurasi di atas sangat cocok digunakan pada lingkungan Organisasi, kampus, sekolah karena akses hotspot biasanya gratis, namun tidak cocok di terapkan pada lingkungan cafe atau akses hotspot yang berbayar.


Post a Comment

0 Comments