Iklan 728x90

Pemasangan Jaringan Mikrotik Dengan Media Converter Fiber Optik



Anda ingin membuat sebuah jaringan yang menghubungkan suatu daerah dalam ruang lingkup misalnya lingkungan rumah tempat tinggal anda atau RT/RW agar semua warga bisa menikmati jaringan internet yang murah, solusi paling sederhana adalah membuat jaringan menggunakan fiber optik dengan HTB media converter.

Dengan menggunakan medi converter anda bisa menekan biaya yang lebih murah, dalam jarak 100 meter cuman di butuhkan sekitar 500 ribuan untuk pembelian alat serta kabel untuk satu rumah.

Alat alat yang dibutuhkan
1. Media converter Fiber Optik atau HTB

Media converter ini jika kita beli akan di berikan sepasang yaitu sisi A dan sisi B, pemasangan bisa bolak balik asalkan A ketemu B atau B ketemu A. Karena topologi media converter adalah point to point. Berbeda jika kita menggunakan OLT karena menggunakan topologi point to multi point atau dari satu ke banyak.


Jika ingin lebih murah anda bisa menggunakan media converter 6 Port FO di pasang dari sisi server, sedangkan sisi klient kita bisa menggunakan yang 1 Port FO

2. Switch
Alat jaringan yang satu ini berfungsi untuk memperbanyak atau menghubungkan beberapa perangkat dengan menggunakan kabel UTP, alat ini berfungsi melakukan pertukaran data antar perangkat yang terhubung ke jaringan seperti wireless router, komputer dll.

3. Mikrotik Routerboard
Mikrotik Routerboard digunakan untuk mengatur atau mengelola jaringan, memanajamen akses jaringan internet agar sampai ke client. Mulai dari pengaturan ip address, manajemen bandwidth, Dhcp server dll. Routerboard akan bertindak sebagai router yang menghubungkan jaringan lokal ke jaringan internet menggunakan fitur NAT ( Network Address Translation )

4. Kabel Fiber Optik
Kabel fiber optik merupakan kabel yang menggunakan serat optik sebagai media penghantar cahaya untuk mentrasmisikan data. Kabel jenis ini tidak terpengaruh oleh jaringan elektromagnetik yang di hasilkan melalui listrik. Komunikasi data tidak akan terganggu meskipun jaringan sekitar terdapat medan elektromagnetik kabel listrik atau kabel tembaga yang lain.

Sebaiknya kita menggunakan kabel fiber jenis Fastcon yang sudah terdapat konektor jenis UPC atau APC, kita tidak perlu susah measang konektor jenis ini karena sudah terpasang pada kabel.

5. Wireless router dan Media converter dari sisi klient
Wireles router yang terpasang di rumah pelanggan, sebagai media untuk mengconversi sinyal kabel ke sinyal wireless radio sehingga bisa di terima ke parangkat HP maupun Laptop. Wireless router ini terhubung dengan media converter dari sisi klient.


Itulah beberapa alat yang dibutuhkan jika anda ingin membuat jaringan fiber optik yang ingin menghubungkan ke beberapa pelanggan yang ada di daerah anda. Jika anda ingin diskusi silahkan menulis di kolom komentar sekian terimakasih.

Post a Comment

0 Comments