Iklan 728x90

Setting DHCP Server di Mikrotik

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah server yang melayani permintaan alamat IP maupun konfigurasi jaringan secara dinamis. Pembuat program ini adalah Ted Lemon yang bekerja untuk VixieLabs, dengan adanya server DHCP kita tidak perlu melakukan konfigurasi jaringan dari sisi klient. Kita cukup mengkonfigurasi dari sisi server yan akan memberikan alamat jaringan berupa ipaddress, network, netmask, gateway, dns name servers.

Layanan ini dapat memberikan dengan kriteria tertentu misalnya alamat mac address tertentu akan di berikan ip address tertentu. Agar klient bisa menggunakan layanan DHCP Server maka untuk meminta layanan salah satunya adalah dhcp client.


Berikut ini cara setting DHCP Server di Mikrotik

1. Konfigurasi DHCP Server kilk menu IP -> DHCP Server -> Klik DHCP Setup




2. Klik tombol DHCP Setup, wizard DHCP akan menuntun kita untuk melakukan setting kita diminta untuk menentukan di interface mana DHCP Server akan aktif.



3. Langkah selanjutnya menetukan DHCP Address Space akan otomatis mengikuti alamat network kita isi 192.168.10.0/24



4. Selanjutnya menentukan IP Address yang akan digunakan sebagai default-gateway oleh DHCP Client .


5. Menentukan rang IP Address yang akan di berikan ke Client. Secara otomatis wizard akan mengisikan host ip pada segment yang telah digunakan. Pada contoh ini, IP 192.168.10.1 tidak masuk dalam Addresses To Give Out, sebab IP tersebut sudah digunakan sebagai gateway dan tidak akan di-distribusikan ke Client.


6. Menentukan IP DNS Server, disini saya isikan DNS Indihome.


7. Langkah terakhir menentukan Lease-Time, yaitu berapa lama waktu sebuah IP Address akan dipinjamkan ke Client. 

8. Konfigurasi ip address klient dengan pilihan obtain ip addres.

Sampai disini konfigurasi DHCP Server sudah selesai, Selamat mencoba..


Post a Comment

1 Comments