Iklan 728x90

Mengenal Kegunaan Mode Router, Bridge, Access Point Pada Perangkat Ubiquiti



Saat mengkonfigurasi sistem yang ada pada perangkat Ubiquiti seperti Mode Router, Bridge, dan access Point mungkin perlu di pahami agar kita tidak bingung kegunaan dari masing masing mode diatas. Artikel kali ini akan agar lebih jelas dan gamblang dalam mengkonfigurasi perangkat Ubiquiti.

Pengertian Router

Router salah satu perangkat jaringan bekerja pada OSI Layer 3, Network Layer. Pada layer ini dikenal dengan pengalamatan jaringan menggunakan IP Address, dan router ini berperan penting sebagai penghubung/penerus paket data antara dua segmen jaringan atau lebih.

Router berfungsi utama sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Misalkan kita ingin menghubungkan Ip address jaringan yang berbeda network misalkan 192.168.1.1 akan kita pecah menjadi alamat ip 10.10.10.1 maka kita memerlukan perangkat dengan mode router. Nah router ini mempunyai fungsi NAT dan Ip forwarding untuk meneruskan paket dari masing masing alamat network yang berbeda. 


Jumlah alokasi alamat network bisa lebih dari dua ip network tergantung jumlah dari NIC / Lan Card (Kartu Jaringan). Atau kita mendapatkan akses internet dari telkom Indihome dengan ip 192.168.1.254 nanti bisa kita pecah dengan mode router menjadi alamat ip address yang baru misalnya 10.10.10.1.

Pengertian Bridge jaringan

Jika kita ingin menghubungkan perangkat jaringan dengan satu segmen yang sama kita bisa memakai mode bridge. Misalkan IP router dari modem indihome memiliki alamat ip address 192.168.1.254 kita bisa hubungkan dengan perangkat ubiquiti dengan mode bridge dengan alamat ip address yang sama misalnya 192.168.1.1 dengan memakai alamat ip yang sama maka perangkat akan saling terhubung.


Pengertian Access Point

Dalam jaringan komputer Wireless Access Point merupakan perangkat keras yang memungkinkan perangkat wireless lain (seperti laptop, ponsel) untuk terhubung ke jaringan kabel menggunakan wireless Wi-fi.


WirelessAccess point umumnya dihubungkan ke router melalui jaringan kabel dapat digunakan untuk saling mengirim data antar perangkat wireless (seperti laptop, printer yang memiliki wifi) dan perangkat kabel pada jaringan.

Fungsi Access Point

Access point berfungsi memancarkan mengirim koneksi data / internet melalui gelombang radio, Kapasitas kekuatan sinyal mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin besar kekuatan sinyal (dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauan pancarnya.


Baca artikel menarik lainnya
1. Cara setting mikrotik sebagai gateway
2. Menutup port menggunakan iptables untuk mengamankan jaringan

Post a Comment

0 Comments