Iklan 728x90

Cara Install dan Konfigurasi Apache2 PHP7 MariaDB di Debian 9


Web server merupakan aplikasi yang memberikan layanan Web, untuk menjalankan aplikasi web berbasis dinamis setidaknya membutuhkan tiga aplikasi yakni apache2, php7, dan aplikasi database mariadb atau mysql. Untuk database bisa ditambahkan phpmyadmin agar konfigurasi database lebih mudah untuk di jalankan melalui webbrowser secara remot.

Untuk install sofware paket diatas, menggunakan OS Debian 9 yang telah terkonfigurasi IP Address, dan juga telah tersedia Repository yang siap digunakan dan jangan lupa terkoneksi ke jaringan internet. 

Untuk memasang server web Apache di Debian 9, Pastikan paket apache2-utils bisa di gunakan untuk memasang utilitas yang di butuhkan saat apache2 web server dikonfigurasi.

Jalankan perintah di bawah ini

apt install apache apache2-utils php7.0 mariadb-server phpmyadmin

Tanpa melakukan konfigurasi kondisi default web server sudah dapat di akses menggunakan ip address atau bisa menggunakan alamat domain jika DNS sudah di konfigurasi.


Konfigurasi phpMyAdmin
phpMyAdmin merupakan bawaan Debian 9 tidak dapat langsung digunakan, oleh karena itu perlu dilakukan konfigurasi. Lalu secara default MariaDB (MySQL) di Debian 9 tidak memiliki password root, ini juga menjadi salah satu hal yang membuat phpMyAdmin tidak bisa diakses. Berikut adalah konfigurasinya :

mysql -u root -p mysql
UPDATE user SET plugin=” WHERE user=’root’;
flush privileges;
exit

Agar phpMyAdmin dapat menerima akses user root tanpa password, konfigurasi berikut ini:

nano /etc/phpmyadmin/config.inc.php

Tambahkan script di bawah ini 

# $cfg[‘Servers’][$i][‘AllowNoPassword’] = TRUE
Buka phpmyadmin Login dengan user root, password default kosong


Mengganti Password root MariaDB
Agar MariaDB lebih aman mana harus di ganti default passwordnya, karena konfigurasi default tidak ada passwordnya, Caranya sebagai berikut :

mysql_secure_installation
Tekan Enter, Enter, sampai masuk
input New password, masukan password lalu
tekan Enter, lalu konfirmasikan password, lalu
tekan Enter


Nah demikianlah cara instalasi dan konfigurasi  Apache2 PHP7 MariaDB di Debian 9, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, semoga berguna.

Post a Comment

1 Comments

  1. Thanks for share......... artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete