Iklan 728x90

Arti Dari TCP_MISS, TCP_HIT, dan TCP_MEM_* Squid Proxy


Proxy merupakan perangkat untuk melayani request dari client, bekerja diantara client & Server, bertugas menghadle transmisi request ataupun respon. Data yang melewati proxy, bisa diubah oleh proxy atau tidak diubah sama sekali, tergantung implementasi fitur dan kemampuan proxy.

Manfaat Proxy 
  • Security : Proxy mampu melakukan pengecekan terhadap request yang masuk maupun request keluar sehingga memungkinkan untuk melakukan block paket yang tidak diharapkan
  • Caching : Menyimpan sementara data dari internet di storage, sehingga jika ada client lain yang hendak mengakses data yang sama, cukup mengambil data di cache, sehingga bisa menghemat bandwidth.
  • Perfomance : Pada kondisi tertentu, proxy dapat menurunkan latency beberapa data tlah di cache tidak perlu diakses langsung dari internet, cukup dari storage proxy yang masih dalam satu jaringan sehingga latency bisa lebih bagus. 

Pengaturan HIT & MISS berlaku jika kita menggunakan fitur caching pada web proxy dimana Web Proxy berfungsi menyimpan data file yang  diakses oleh user, dan memberikan kepada user berikutnya jika mengakses file yang sama. 
  • Jika tersedia di cache, akan langsung diberikan ke client, disebut HIT, tanpa harus mendownload data dari internet. 
  • Jika tidak tersedia, proxy akan meminta ke server, menyimpannya di cache, dan memberikan ke client disebut MISS 
Saat menjalankan perintah  tail -f /var/log/squid3/access.log untuk melihat log pada squid
Proxy akan menampilkan aktifitas client, dan aktifitas proxy apakah data yang di request oleh client di cache atau tidak. Ada 3 aktifitas yang bisa kita lihat seperti dibawah ini akan di jelaskan masing masing aktifitas tersebut

TCP_MISS 
Artinya data yang di request oleh client di ambil langsung dari server aslinya. 

TCP_HIT 
Artinya data yang di request oleh client di ambil dari server local atau mesin proxy anda.

TCP_MEM_*
Artinya data yang di request oleh client di ambil dari MEMORY (RAM) cache


Nah sekarang udah jelas kan, apa itu TCP_MISS, TCP_HIT, TCP_MEM_* mudah mudahan penjelasan ini bisa bermanfaat, semoga berguna.

Post a Comment

0 Comments