Iklan 728x90

Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR



Kamera DSLR (digital single lens reflex) adalah kamera digital yang memanfaatkan cermin (mirror) untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Kualitas gambar yang di hasilkan jauh lebih bagus di bandingkan dengan kamera poket biasa menjadikan DSLR banyak di minati banyak orang yang hobi dengan dunia fotografi. Hal apa sajakah yang perlu di perhatikan dalam membeli kamera DSLR.

1. Tujuan digunakan seperti apa.
Jika anda sudah memiliki kamera, maka kamera itu akan di gunakan untuk apa, kamera itu akan di bawa kemana, objek seperti apa yang ingin di ambil. Model kamera apakah sangat penting hanya sekedar untuk gaya. Pertanyaan seperti itu mungkin bisa anda pikirkan, kalau hanya untuk jalan jalan berwisata membawa kamera yang lumayan berat tentu akan menyulitkan anda

2. Cari tahu informasi tentang kamera DSLR
Pastikan anda mengetahui semua informasi tentang kamera DSLR sebelum anda membeli, pastikan kelebihan dan kekurangan kamera DSLR dengan kamera biasa.
Kelebihan kamera DSLR dapat di jabarkan seperti berikut ini: 

- Kualitas gambar lebih baik
- Mudah di upgrade
- Resolusi lebih tinggi
- Bisa mengambil gambar secara berturut turut sekitar 3 frame per detik
- Resolusi lebih tinggi

Anda harus tahu kelemahan kamera DSLR setelah mengetahui kelebihannya, cara mengambil gambar menggunakan kamera DSLR membutuhkan teknik kusus di bandingkan dengan kamera poket biasa. Jika anda pemula anda harus belajar bagaimana cara mengambil gambar menggunakan kamera DSLR.

3. Kualitas gambar yang di hasilkan
Jika anda mengambil gambar hanya untuk di upload ke media sosial maka menggunakan kamera poket biasa mungkin lebih baik atau bisa menggunakan kamera smartphone saat ini memiliki kualitas yang tidak bisa di pandang sebelah mata. Kualitas gambar biasanya tergantung dari sensor kamera yang di pakai, semkain baik sensor kamera maka harga juga tidak akan murah.

4. Jangan pertimbangkan Merk sebagai dasar utama
Jika anda ingin membeli sebuah kamera merk jangan menjadi pertimbangan utama karena fitur dan kualitas jauh lebih penting. Kamera DSLR yang beredar di pasaran saat ini di dominasi oleh: Sony, Nikon, Canon, Pentax. Pastikan anda mementingkan fitur daro pada merk yang ingin anda beli. 

5. Pilihlah satu merk yang ingin anda beli
Anda membeli kamera DSLR bisa menjadikan investasi jagka panjang, jika anda membeli merk Nikon misalnya maka anda yakin akan mengoleksi berbagai lensa yang ingin di pakai. Nah lensa ini tidak bisa di pakai untuk berbeda merk, lensa dari Sony tidak bisa di pakai oleh merk Canon.


6. Pilihlah yang memiliki service center
Saat anda membeli kamera DSLR pastikan service center dkat dengan lokasi anda, jika ada kerusakan maka anda tidak akan repot repot mencari tempat service. Jika lokasi dekat kemungkinan biaya yang di keluarkan juga akan lebih murah.

7. Resolusi kamera
pastikan spesifikasi resolusi yang ada pada kamera tersebut memiliki 12 megapixel, jika resolusi semakin besar maka ukuran file juga akan semakin besar pula.

8. Perhatikan nilai ISO 
ISO adalah sensitivitas kamera terhadap cahaya semakin besar nilai ISO maka semakin bagus pula saat mengambil gambar. Kamera DSLR setidaknya memiliki ISO 6400 pastikan membandingkan ISO dengan nilai yang sama dengan berbeda merk kamera lihat kualitas hasil gambar yang di ambil.

9. Kualitas Hasil Video
Pastikan kamera yang ingin anda beli bisa mengambil video, berapa frame per sekon (fps) yang bisa di ambil oleh sebuah kamera DSLR. Video yang di ambil menggunakan kamera DSLR memiliki kualitas yang baik.

10. Sesuaikan dengan budget anda
Harga biasanya memiliki peran yang penting dalam memilih kamera DSLR, harga semakin mahal maka kulitas kamera juga semakin baik namun perlu di pertimbangkan dengan kemampuan budget yang di miliki. Tidak usah terlalu memaksakan pilihlah fitur yang bagus dengan harga yang terjangkau antara satu merek dengan merk lainnya.

Demikianlah beberapa tips yang bisa anda gunakan sebelum membeli kamera DSLR, semoga artikel ini bermanfata untuk anda, semoga berguna..

Post a Comment

1 Comments