Iklan 728x90

Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot



Menggunakan smartphone android yang telah lama di gunakan biasanya sering mengalami lemot saat membuka aplikasi yang agak berat. Banyak penyebab mengapa ponsel android yang di gunakan terus menerus bisa menjadi lemot, banyak faktor yang menyebabkan lemot, ini merupakan permasalahan umum yang sering terjadi oleh pemakai android. 

Perangkat elektronik sangat rentan terhadap kerusakan terutama oleh beberapa faktor seperti usia pemakaian, faktor pemakaian, guncangan karena terjatuh dan masih banayak penyebab yang lain. Perangkat yang memakai OS (Operating System) sering sekali mengalami penurunan kinerja sama seperti perangkat komputer, ini bisa terjadi karena permasalah sofware yang ter install di dalamnya.


Penurunan performa saat menjalankan aplikasi ini bisa di sebabkan oleh virus yang ada pada perangkat android yang tidak sengaja masuk ke dalam sistem melalui pertukaran data atau lewat jaringan internet saat kita melakukan browsing. Tidak hanya virus yang menyebabkan lemot bisa juga kapasitas RAM yang telah penuh, software yang tidak pernah di update. 


Berikut ini tips mengatasi smartphone android yang lemot


1. Bersihkan memory internal

Penyebab menurunnya performa android biasanya kapasitas memori yang mulai menipis, ini bisa terjadi baik ponsel dengan kapasitas ROM yang besar maupun kecil, kinerjanya akan melambat seiring data di dalam smartphone penuh. Anda bisa mengatasinya dengan cara memindahkan data data tersebut ke komputer atau bisa juga flasdisk. Penumpukan data cache bisa juga menjadi salah satu penyebab, sering seringlah menghapus cache terutama bagi pengguna yang memiliki ROM kecil.

2. Mengelola Aplikasi

Terlalu banyak aplikasi yang ter install di dalam smartphone akan menyebabkan ROM penuh, selain itu juga dengan banayk aplikasi yang terinstall maka kapasitas RAM juga menjadi penuh hal etrsebut terjadi karena beberapa aplikasi akan berjalan di belakang layar tanpa kita ketahui. Gunakan aplikasi yang sekiranya di perlukan saja, anda bisa uninstall aplikasi yang jarang terpakai dan tidak di gunakan.

3. Update sistem dan aplikasi
Sistem yang sudah usang sebaiknya di lakukan update, hal ini terjadi karena perlu ada kesesuaian antara aplikasi dengan sistem yang di gunakan, aplikasi yang baru juga akan berjalan baik dengan sistem yang baru juga. Selalu luangkan waktu untuk memeriksanya di menu Settings - About - System Update selanjutnya pilih Check for 
Updates.

Hal ini juga berlaku untuk semua aplikasi yang digunakan. Saat ada pemberitahuan update aplikasi di Google Play Store, luangkan waktu sejenak untuk segera melakukan update apliaksi. Periksa terlebih dahulu aplikasi yang membutuhkan update pada tab My Apps & Games di Google Playstore.

Dengan melakukan update sistem maka bug yang ada pada sistem juga akan di perbarui, sehingga celah keamanan akan semakin baik. Bagi pengguna silahkan cek ketersediaan software terbaru pada perangkat smartphone yang dimiliki. Pengguna juga harus memperbarui aplikasi ke versi baru, yang biasanya menawarkan perbaikan bug di dalamnya.

4. Menghapus Virus
Mendengar kata virus mungkin sudah tidak asing lagi, virus akan menyerang ke dalam sistem utama terutama pada OS, salah satu penyebab menurunnya performa smartphone salah satunya adalah virus. Silahkan install anti virus untuk menghilangkan virus yang ada pada sistem, anti virus yang di install cukup satu macam saja, jika terlalu banyak malah akan menjadikan smartphone menjadi lemot.

5. Perhatikan jumlah memory RAM
Semua smartphone di bekali RAM dengan spesifikasi yang berbeda beda, kapasitas ini juga mempengaruhi kinerja smartpone, saat memory RAM tinggal sedikit smartphone juga akan semakin lambat, sebaiknya hindari menggunakan banyak aplikasi yang menghambat kinerja smartphone.

6. Gunakan fitur auto kill
Anda yang sering melakukan kegiatan multitasking terhadap smartphone android, pasti sudah terbiasa menemukan aplikasi yang aktif di Recent Apps. Dampaknya RAM akan semakin penuh untuk menghindari hal tersebut bisa anda gunakan fitur auto kill, fitur ini akan membuat aplikasi tidak berjalan di background (belakang layar)

7. Install aplikasi yang berbayar
aplikasi gratisan boleh saja di install ke sistem, namun biasanya aplikasi gratisan ini masih sering di temukan bug karena merupakan aplikasi percobaan. Aplikasi gratisan biasanya akan di temukan banyak iklan iklan yang mengganggu dam pemakain kuota semakin cepat habis.

8. Sederhanakan penggunaan Widget
Penggunaan widget yang terlalu banyak juga akan menyebabkan smartphone menjadi lambat, sebenarnya widget ini untuk jalan pintas saat menjalankan aplikasi. Widget memang menjadikan tampilan smartphone tampak menarik, namun juga akan memakan sistem RAM sebaiknya kurangi pemakian widget yang terlalu banyak. 

9. Kurangi animasi di android 
Animasi juga dapat mempengaruhi kinerja smartphone, karena akan membutuhkan jumlah ram yang banyak, untuk mengurangi animasi ini anjda bisa masuk ke menu Settings - Developer Options, lalu ubah nilai Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale ke nilai paling kecil, bisa dibuat off sekalian.
.
10. Bersihkan Cache Data
Cache merupakan tempat penyimpanan data sementara aplikasi yang sedang berjalan atau pernah di gunakan, penggunaan cache akan mempercepat aplikasi yang di gunakan, namun dengan semakin banayknya cache yang menumpuk akan membuat smartphone android menjadi lemot. Anda bisa bersihkan cache pada menu Settings - Storage - Cache Data, dan pilih OK untuk menghapusnya 

Mungkin ini saja tips yang bisa saya sampaikan, sebenarnya masih banyak tips dan trik yang lain agar smartphone android anda tidak lemot, semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi anda.

Post a Comment

0 Comments