Iklan 728x90

Tips Menghemat Baterai HP Android



Ada beberapa cara mudah untuk menghemat baterai HP android agar lebih tahan lama, salah satu kendala yang sering di alami para pengguna HP android yakni baterai yang cepat habis. Menghapus recent apps ternyata malah membuat penggunaan baterai semakin boros, karena aplikasi yang di buka akan di mulai pertama kali karena recent apps telah terhapus. 

Fungsi dari recent apps adalah menyimpan cache aplikasi yang sebelumnya pernah di buka, sehingga saat tidak di gunakan akan mati secara otomatis, dan saat di pergunakan kembali cache yang tersimpan akan di buka sehingga aplikasi akan lebih cepat di buka.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menghemat baterai Smartphone android 

1. Perhatikan aplikasi yang sedang di jalankan
Jumlah aplikasi yang di jalankan terlalu banyak bisa menjadi penyebab baterai HP cepat habis, perhatikan aplikasi yang di jalankan pada background. Untuk melihat aplikasi yang mengkonsumsi baterai bisa di cek pada menu Settings > Battery > Battery Usage  Silahkan cek aplikasi yang paling banyak menguras baterai.

2. Perhatikan saat install aplikasi
Perhatikan saat melakukan instalasi aplikasi, apakah aplikasi yang di install membutuhkan akses ke lokasi pengguka terus menerus. Beberapa aplikasi akan menguras baterai dengan ping ke akses lokasi secara terus menerus.

3. Matikan tethering
Tethering atau Hotspot Wi-Fi portabel banyak memakan baterai, silahkan dimatikan tethering jika tidak di gunakan. Perangkat wireless pada HP akan terus menyala saat tethering di aktifkan, tentu saja ini akan memakai daya barerai.

4. Matikan GPS
Akses GPS akan selalu melakukan update lokasi di manapun kita berada dan berpindah pindah tempat, sangat di sarankan mengaktifkan GPS jika di perlukan saja.

5. Mengatur layar mati lebih cepat
Tampilan layar juga mempengaruhi pemakaian baterai, anda bisa atur agar layar lebih cepat mati saat HP tidak di pergunakan. PErangkat android dapat di atur saat mematikan layar mulai dari 15, 30 detik, 1 menit, 2 menit bahkan tidak dimatikan pun bisa. Anda bisa mengatur dengan cara Klik ke pengaturan > Tampilan > Tidur > Pilih waktu

6. Matikan WiFi
WiFi yang terus menyala akan memakai banyak baterai, anda bisa mematikan fitur Bluetooth, NFC, dll. Ketika anda menyalakan WiFi, akan terus menerus menyala, maka perangkat android akan terus menerus mencari lokasi WiFi terdekat akan membuat baterai menjadi boros. Cara mematikannya cukup mudah tinggal “swipe” layar kebawah dan menu bilah turun pengaturan cepat akan keluar

7. Matikan fitur pintar
Salah satu contoh fitur pintar adalah fitur rotasi secara otomatis, fitur ini akan menyesuaikan posisi kita jika tidak di pergunakan bisa di matikan fitur ini. Ada juga fitur "Air gesture" fitur ini juga memakai banyak baterai fitur tersebut bisa menguras baterai.

8. Jangan terlalu sering menggunakan apliaksi multimedia. 
Mendengarkan musik atau menonton Video bisa menguras baterai, pernahkan anda tahu bahwa multimedia akan menguras 30% sampai 70% pemakaian baterai. Jika kita memutar musik maka akan mengaktifkan fungsi speaker dan jika kita merekam video akan banyak menggunakan komponen kamera tentu saja akan menguras penggunaan baterai.

9. Matikan mode vibrasi
Matikan mode getaran saat ada nontifikasi pesan masuk maupun telepon terbilang cara yang ampuh untuk menghemat baterai. Anda juga perlu mematikan mode vibrasi saat menekan tombol keyboard, memang terasa keren tapi ternyata fitur ini juga termasuk memakai baterai, apalagi anda yang suka kirim kirim pesan chat.

10. Hindari bermain game saat HP Di charger
Bermain game sudah membebani kinerja sangat berat bagi HP, di tambah lagi saat melakukan charger. Beban berat ini akan menimbulkan panas pada baterai sehingga umur baterai akan semakin pendek. Sebaiknya matikan HP saat sedang di charger.

itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menghemat baterai, tips ini bisa di gunakan saat perjalanan jauh dimana tenaga listrik harus di hemat, akan lebih baik lagi jaka anjda menyediakan power bank saat perjalanan jauh. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi anda,..

Post a Comment

1 Comments

  1. Wah terima kasih atas informasi website sehingga kami memahami mengenai tips menghemat bateral iphone

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info untuk beberapa informasi tentang batrai iphone
    https://bangamingadget.com/cara-menghemat-baterai-iphone-part-1/
    terima kasih

    ReplyDelete