Iklan 728x90

Memahami Penjelasan Root Pada HP Android



Root merupakan hak akses tertinggi pada sebuah sistem operasi android, sehingga memiliki akses tanpa batas kita bisa memodifikasi isi kernel yang ada di dalam sistem operasi android. Android sebenarnya menggunakan OS berbasis Linux, yang pertama kali memperkenalkan istilah root. Dengan menggunakan mode root kita bisa memodifikasi isi file dan data yang ada pada OS Android yang sebelumnya tidak bisa di modifikasi tanpa adanya akses ke root.

Cara melakukan root android
Untuk melakukan proses root di eprlukan sofware khusus untuk membuka akses penuh ke mode root. Cara nya pun banyak bisa di lakukan melalui hp langsung atau melalui PC dan laptop. Setiap merk HP memiliki cara root yang berbeda beda, ketidak cocokan aplikasi bisa menyebabkan HP mengalami kerusakan. Pastikan anda mencari tahu tentang aplikasi yang anda pergunakan sesuai dengan merk HP sehingga proses root bisa berjalan dengan aman.

Keuntungan menjalankan root
1. Optimasi RAM
Optimasi RAM bisa banyak di lakukan dengan berbagai cara bisa menggunakan aplikasi di playstore berfungsi untuk membersihkan RAM agar lebih lega. Kita bisa melakukan pembersihan RAM secara otomatis di belakang layar tanpa harus membuka aplikasi tersebut dengan menjalankan mode root.

2. Tweaking Performa
Proses tweaking performa mungkin lebih sering di lakukan oleh pengguna android saat mode root, proses tweaking di lakukan untuk mendapatkan performa android yang lebih mumpuni agar lebih cepat menjalankan aplikasi yg ada pada sistem.

3. Melakukan Overclock
Kecepatan prosesor bisa di tingkatkan dan sangat mungkin di lakukan jika kita bisa masuk ke mode root, perlu di ingat juga bahwa over clock bisa mempercepat kerusakan HP karena menghasilkan panas berlebih dibandingkan dengan kondisi default

4. Membuka Root direktori
Saat melakukan tweaking kita membutuhkan akses ke direktori root, di dalam direktori ini terdapat bermacam macam file seperti data APK yang telah terinstall di direktori root. Anda bisa masuk ke direktori root menggunakan Root Explorer.

5. Menghapus aplikasi bawaan
Setiap vendor pasti menyertakan aplikasi bawaan, kemungkinan aplikasi ini akan memakan memory internal dan juga RAM. Jika anda ingin menghapus aplikasi bawaan tersebut pastinya harus masuk ke root.

6. Wakelock
Dimana kondisi sebuah aplikasi berjalan secara terus menerus di balik baground yang tidak kita ketahui, kondisi ini akan menyebabkan smartphone menjadi lambat dan cepat menghabiskan power baterai.

Kerugian Root pada OS Android

1. Garansi hilang
Memodifikasi sistem operasi membuat garansi akan hilang, alasannya produsen akan melihat smartphone yang di root telah di rubah sistemnya. Jika ingin melakukan root sebaiknya melihat masa garansi habis.

2. Tidak bisa update sistem operasi
Saat siistem operasi telah di root maka sebagian sistem kemungkinan telah hilang pada saat proses root. Saat melakukan update aplikasi sebagian sistem ini tidak bekerja sebagaimana mustinya sehingga mengakibatkan abdroid tidak bisa di update.

3. Celah keamanan semakin lebar.
Memodifikasi sistem akan berpengaruh pada kondisi keamanan smartphone, celah kemanan ini akan semakin lebar seiring modifikasi sistem yang di lakukan.

4. Mal fungsi sistem android.
proses root bukanlah perkara mudah, anda harus mengetahui seluk beluk sistem android. Jika terjadi kesalahan saat proses root maka android akan mengalami kerusakan.

Itulah beberapa penjelasan tentang root di HP android, ada kelebihan dan kekurangan yang di peroleh saat kita melakukan proses root pada HP android. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda yang mencar informasi tentang root pada HP Android, semoga berguna.

Post a Comment

1 Comments