Iklan 728x90

Cara Mengatasi Komputer Not Responding



Saat membuka aplikasi di komputer yang terasa agak berat tiba tiba aplikasi tersebut muncul peringatan Not Responding" hal semacam itu sering terjadi pada komputer yang anda pakai. Tanda tanda not responding biasanya saat membuka aplikasi menunggu agak lama komputer sering nge hang. Aplikasi yang berjalan terlalu banyak bisa menjadi salah satu penyebab akibat beban RAM yang terlalu berat akibat pemrosesan sistem yang sedang di jalankan.

Komputer dengan spesifikasi rendah sering mengalami hal tersebut, seperti lapasitas ukuran RAM yang terlalu kecil, clock processor yang rendah hal ini sering di jumpai saat kita membeli komputer dengan spesifikasi rendah. Kejadian seperti ini akan membuat semua orang menjadi jengkel ingin segera install ulang komputer karena hal tersebut. Jangan langsung di install ulang pahami terlebih dahulu permasalahan komputer bisa seperti itu.  Berikut ini solusi yang bisa di terapkan untuk mengatasi komputer yang not responding.

1. Ukuran RAM yang terlalu kecil
Salah satu penyebab mungkin kapasitas ukuran RAM yang terlalu kecil, akibatnya data yang di proses terlalu banyak memakan kapasitas RAM. Anda bisa menambah ukuran RAM sesuai spesifikasi komputer yang anda miliki. Sebelum anda menambah kapasitas RAM pastikan mengetahui spesifikasi RAM yang ada di komputer anda.

2. Processor terlalu panas
Sistem pendinginan pada heatsink yang kurang baik bisa menyebabkan processor komputer menjadi panas, kisi kisi heatsink yang kotor menyebabkan pelepasan panas menjadi tidak sempurna anda bisa bersihkan dengan melepasnya kemudian bersihkan dengan kuas halus. Pastikan setelah melepas heatsink pasang kembali dan berikan pasta processor saat memasang kembali.

3. Hardisk bermasalah 
Hardisk yang bermasalah bisa menjadi penyebab komputer not responding, cek kondisi hardisk apa terjadi bad sector. Bad sector akan memperngaruhi pembacaan data pada hardisk sehingga saat menjalankan aplikasi data yang di load akan menjadi masalah karena pembacaan data pada hardisk tidak sempurna. Cek kondisi socket kabel sata maupun kabel power, pastikan terpasang dengan sempurna, apabila kotor segera bersihkan. Socket yang longgar juga berpengaruh kalau perlu ganti socket. 

4. Menjalankan aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi komputer
Memakai komputer dengan spesifikasi rendah lalu di install apalikasi yang berat seperti editing video sudah di pastikan komputer akan nge hang. Pastikan aplikasi yang di install sesuai dengan kemampuan komputer yang anda miliki.

5. Melakukan multitasking
Multitasking atau membuka aplikasi yang bersamaan memang mempercepat pekerjaan kita, ada baiknya saat membuka aplikasi tidak terlalu banyak, jika di rasa komputer mulai lambat bisa anda tutup salah satu aplikasi tersebut. Gunakan aplikasi yang penting penting untuk membantu tugas pekerjaan kita, sehingga menguranmgi beban RAM dan processor komputer.

6. Hapus software yang tidak penting
Menghapus aplikasi yang tidak terlalu penting terutama softwate yang memiliki ukuran yang besar dapat berpengaruh terhadap kecepatan komputer.

7. Scan virus atau malware
Masalah yang paling banyak perangkat komputer yaitu Virus dan malware yang menyebabkan perangkat tersebut menjadi lemot, hang, dan mati dengan sendirinya. Untuk mengatasi masalah tersebut silahkan menginstal software antivirus dan antimalware.

Untuk menghentikan aplikasi yang not responding anda bisa membuka Task Manager berikut cara mematikannya.

1. Buka task manager dengan klik kanan pada bagian taskbar windows, setelah itu "Start Task Manager" atau tekan tombol CTRL + ALT + Del
2. Setelah itu, akan muncul pop up windows task manager. klik tab “Applications”.
3. Akan muncul beberapa aplikasi yang statusnya running dan not responding
4. Pilih aplikasi yang statusnya "Not responding" lalu klik tombol "End task" di bagian bawah, jika berhasil maka aplikasi akan tertutup.
5. Jika masih gagal, klik tab sebelahnya "Tab Processes"
6. Di situ muncul banyak aplikasi yang  berjalan, silahkan lihat “description” untuk melihat aplikasi yang ingin di hentikan.
7.Jika sudah menemukannya, klik "End Process".
8. Setelah itu akan muncul pop up "Do you want to end", Klik "End process".

Demikianlah artikel yang bisa saya samapikan cara mengatasi komputer Not Responding, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda, semoga berguna.

Post a Comment

0 Comments