Iklan 728x90

Pengertian SOC Chipset Pada Smartphone



System on Chip atau lebih dikenal dengan sebutan SoC merupakan sebuah integrated circuit (IC) yang di dalamnya terdapat komponen komponen sistem lektronik. System on chip sangat umum di gunakan pada mobile computing karena memiliki konsumsi daya yang relatif lebih rendah seperti pada smartphone berisi Central processing Unit (CPU), Graphic processing Unit, camera control, multimedia, network connectivity, dll.

Smartphone merupakan komputer yang berukuran kecil sehingga membutuhkan komponen yang hampir sama dengan komputer desktop atau laptop, fitur yang di gunakan pun sama yakni memutar video, musik, koneksi wireless, games, dll. Komponen yang di gunakan pada smartphone haruslah berukuran kecil, seperti prosesor, ram, kartu grafis sehingga akan lebih kompak dan ruang yang tersisa di gunakan untuk baterai.

Para pembuat SoC yang menggunakan arsitektur ARM seperti Qualcomm, MediaTek, Nvidia, Texas Instrumen membuat beberapa komponen penting di tempatakan pada satu bagian tunggal yang bernama SoC sehingga smartphone dapat berukuran kecil seperti saat ini.

Didalam komponen SoC terdapat beberapa komponen berikut ini:
1. CPU Central Processing Unit, berfungsi sama seperti pada CPU sebagai pusat segala instruksi yang diberikan, arsitektur pada SoC di buat berdasarkan teknologi dari ARM (Advanced RISC Machine)

2.Memori digunakan untuk menyimpan berbagai tugas dan instruksi yang dijalankan oleh smartphone dan Tablet.

3. GPU Graphic Processing Unit, digunakan untuk pengolahan grafis pada game 3D. Arsitektur GPU yang dipakai bermacam macam, yang paling umum adalah PowerVR, Adreno dan Mali.

4. Chipset Northbridge, Komponen yang digunakan untuk menangani komunikasi antara CPU dan komponen lain dalam SoC, termasuk Southbridge.

5. Chipset Southbridge, Chipset untuk menangani fungsi I/O (Input/Output).

6. Radio Seluler, SoC biasanya hadir dengan modem on board yang digunakan oleh operator jaringan. seperti Snapdragon dari Qualcomm yang menyertakan modem LTE on board untuk konektivitas 4G.
Koneksi Radio Lainnya, biasanya desertakan komponen radio untuk konektivitas, termasuk Wi-Fi, GPS dan Bluetooth.

Varian-varian SoC yang ada dipasaran seperti, Intel, Qualcomm dengan Snapdragon, Samsung dengan Exynos, Nvidia dengan Tegra, MediaTek dengan seri MT,, Huawei dengan kirin semuanya menggunakan  System on Chip.



Mengapa semua chip ini disatukan dalam SoC?
Karena setiap ruang milimeter dalam smartphone sangat berharga, chip yang bermacam macam di satukan menjadi satu keping yang kompak dan berukuran kecil sehingga banyak ruang untuk komponen lain seperti baterai, SoC yang kecil ini menjadi satu alasan mengapa smartphone sekarang ini bisa berukuran kecil dan tipis.

Efisiensi daya pada SoC terhubung dengan sangat baik sehingga akan lebih hemat daya dibandingkan di buat secara terpisah, smartphone sekarang ini memiliki tugas dan fitur yang semakin banyak namun waktu yang digunakan untuk berinteraksi cukup lama akan tetapi sumberdaya baterai yang terbatas. 

System on Chip yang hemat daya sangat membantu agar smartphone bisa bertahan menyala lebih lama. Biaya produksi yang lebih murah ketika semua chip tersebut di gabung dalam satu chip sehingga efisiensi lebih murah jika dibandingkan dibuat secara terpisah.

Post a Comment

0 Comments