Header Ads

Cara Uji Kecepatan Internet



Mungkin anda cukup penasaran ingin mengetahui kecepatan akses internet yang anda miliki, sangat mudah sekali mengetahui kecepatan internet yang di peroleh dari ISP. Banyak sekali aplikasi yang bisa di gunakan. Mengetahui kecepatan internet mungkin tidak begitu penting, namun apa salahnya kita coba, apakaeh paket yang kita daftarkan sesuai dengan realita di lapangan, penurunan kecepatan akses internet bisa berpengaruh pada jaringan fisik seperti akses yang di gunakan apakah anda meggunakan akses kabel fiber optik, tembaga, kabel UTP, jaringan wireless.

Faktor lain yang mempengaruhi kecepatan koneksi internet
1. Jumlah host yang terhubung ke jaringan
2. Jenis modem ONT yang di gunakan
3. Jumlah pengguna
4. Akses data yang di gunakan
5. Jaringan fisik dan kondisi cuaca

Berikut ini aplikasi yang layak anda gunakan untuk mengukur kecepatan akses internet anda.
1.  Speedtest.net
Anda bisa menggunakan apliaksi Speedtest.net sangat mudah di gunakan tinggal mengunjungi situs web speedtest.net secara otomatis kecepatam internet anda akan di ukur, tinggal anda klik GO.



Setelah di lakukan pngukuran akan di tampilkan nilai kecepatan internet milik anda, berapa nilai ping, upload, download. Nilai ini biasanya untuk akses internet secara nasional, untuk internasional bisanya akan bernilai lebih kecil.


2. Fast Speedtest
Fast Speedtest dengan tampilan lebih simpel, anda tinggal mengakses situs fast.com maka akan di tampilkan halaman  uji pengukuran kecepatan internet. Hasil pengukuran yang di tampilkan berupa hasil download saja. Untuk nilai upload dan ping tidak di tampilkan.

3. CBN Speedtest
CBN Speedtest juga merupkan tools untuk melakukan pengukuran kecepatan internet, anda bisa mengakses halaman https://speedtest.cbn.id/ hasil yang di tampilkan lumayan lengkap mulai ping, upload, download, jitter, alamat ip public yang di gunakan.

4. Meter net
Anda dapat mengunjungi halaman web meter.net untuk melihat hasil pengujian yang di lakukan, hasil nya berupa nilai ping, upload dan download. Meter net melakukan uji pengukuran menggunakan server luar negeri dan pisa di pilih, yang terdekat dengan indonesia misalnya singapore, hasil mungkin agak berbeda mengingat tools ini menggunakan server luar negeri.

5. Speedtest Ookla
Aplikasi ini mirip seperti aplikasi speedtestnet uji pengukuran yang di tampilkan yaitu hasil upload, download, ping dan alamat ip address public yang di gunakan. Aplikasi ini sudah tersedia diplaystore, anda bisa mengunduh lewat smartphone android.

Itulah beberapa tools yang bisa di pakai untuk mengukur kecepatan akses internet seperti bandwidth yang di gunakan. Saat anda melakukan pengukuran sebaiknya semua alat yang terkoneksi ke internet di tutup terlebih dahulu anda bisa menggunakan 1 PC atau Smartphone sehingga hasil yang di tampilkan lebih real. Jika saat pengukuran ada komputer yang melakukan download dengan IDM misalnya ini juga mempengaruhi hasil pengukuran.

No comments

Powered by Blogger.