Iklan 728x90

Cara Blokir Akses Internet Dengan Mac Address Menggunakan Mikrotik



Apabila ada seseorang yang terhubung kedalam jaringan kita, dan orang tersebut menggunakan akses internet dengan tidak semestinya sebagai administrator jaringan sebaiknya harus mengambil tindakan untuk memblokir akses klient tersebut. 

Bagaimaa caranya tutorial kali ini akan membahas bagimana cara untuk memblokir akses internet menggunakan mac address, karena ini merupakan identifikasi yang paling mudah saat kita melakukan monitoring jaringan dan mac adress merupakan cara yang paling efektif dari pada memblokir alamat IP.

Untuk melakukan blokir akses internet saya menggunakan firewall yang ada di mikrotik, port yang di blokir yakni situs yang menggunakan http maupun https port 80 dan 443.

Berikut langkah konfigurasinya.
1. klik IP-->Firewall-->Filter Rule --> +


Untuk in interface saya menggunakan bridge menyesuaikan topologi yang saya gunakan, ini adalah interface ke jaringan local, anda bisa gunakan ether2 atau yang lain. Untuk protocolnya saya menggunakan tcp serta dst-port yaitu 80 dan 443

2. Klik tab Advance

Isikan alamat mac Address client

3. Klik Tab Action


Demikianlah tutorial cara blokir akses internet menggunakan mac address dengan mikrotik routerboard, semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Post a Comment

0 Comments