Iklan 728x90

Meningkatkan Pendapatan dari Google Adsense



Adsense menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari google melalui kerjasama bagi hasil menjadi publisher iklan, namun masih banayak yang belum tahu bagaimana cara meningkatkan jumlah klik untuk meningkatkan pendapatan dari google adsense. Agar iklan selalu tampil di blog ataupun youtube publisher harus memperbanyak konten yang relevan untuk menumbuhkan trafik, tanpa adanya trafik mustahil iklan di tampilkan di blog maupun video youtube.

Salah satu faktor yang cukup penting meningkatkan penghasilan dari adsense tanpa harus memaksa pengunjung mengklik iklan kita, dengan menumbuhkan RPM total pendapatan dan metrik keterlibatan. Google sudah menyediakan berbagai tools yang bisa digunakan salah satunya custom channel atau saluran khusus.

Custom channel memiliki peran untuk meningkatkan penghasilan sorang blogger dengan mengusung tema spesifik dengan menggunakan layanan ini ilkan yang tampil akan lebih tertarget karena saluran itu akan terisi iklan yang dikehendaki dan harga iklannya akan tinggi. Mislanya blog kita berisi tentang traveling maka membuat saluran khusus iklan yang isinya seputar travel, bagi pengiklan yang ingin mempromosikan produk travelnya akan memasang iklan di blog yang kita kelola.

Singkatnya, yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana menarik banyak pengunjung untuk datang ke website Anda, dibuat senyaman mungkin disana, lantas tertarik dan melakukan klik iklan yang ada di blog. sumber lalu lintas dan yang paling penting adalah CPC/BPK AdSense. Nah berikut ini beberapa kiat untuk meningkatkan jumlah klik dan pendapatan Google Adsense

1. Optimalisasi Website
Ada 4 optimalisasi yang menjadi inti ketika membuat website.
1. Membuat konten yang populer dan memiliki umur sepanjang masa.
2. Membuat konten yang jauh lebih bagus dari website kompetitor.
3. Buat artikel baru setiap hari.
4. Promosikan konten website Anda.

Point diatas merupakan inti dari anda membuat konten di website. Dengan perhatian yang lebih pada konten yang dibuat, nantinya akan menghasilkan pengunjung yang berdatangan dan akan berlama-lama di website Anda. 

2. Tulis Lebih Banyak Konten
Menulis banyak konten memiliki peluang yang lebih banyak karena menjadi faktor penting dari SEO, panjang konten juga mempengaruhi keterlibatan pengunjung seperti bounce rate. Jika anda memilih iklan otomatis akan berdampak pada konten, semakin banyak konten maka iklan yang tayang juga akan lebih banayak dan berpeluang mendapatkan klik iklan.

3. Meningkatkan Nilai CPC  (Cost per Click). 
CPC (Cost Per Click) adalah biaya yang ditawarkan oleh pihak advertiser (si pemasang iklan) utuk tiap klik iklannya. Jadi setiap terjadi klik pada iklan, maka si publisher (penayang iklan) akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan besarnya nilai CPC iklan tersebut. Intinya semakin besar nilai CPC, besar peluang kita untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi

Beberapa hal yang mempengaruhi CPC :
1. Niche yang Dipilih
2. Sumber lalu lintas
3. Jumlah iklan per halaman
4. Ukuran iklan
5. Lokasi Pengguna
6. Jenis iklan yang tampil
7. Waktu kunjungan

4. Meningkatkan Ukuran dan penempatan iklan
Penggunaan ukuran iklan juga berpengaruh, iklan dengan ukuran yang besar akan lebih baik jika menggunakan dengan ukuran yang kecil, letak iklan juga berpengaruh di bagian atas lebih baik daripada iklan dibagian bawah.

Nah berikut ini rekomendasi ukuran Iklan Adsense yang relevan:
336px * 280px (Kotak Besar)
300px * 250px
728px * 90px
160px * 600px

5. Gunakan iklan Gambar dan Teks
Tipe iklan ini merupakan salah satu default yang langsung dapat Anda gunakan setelah proses pengajuan akun adsense disetujui. Anda memiliki pilihan untuk menentukan ukuran iklan yang sesuai, penempatan yang menguntungkan, serta gaya iklan yang ingin Anda tampilkan pada halaman blog atau website. Iklan Gambar dan Teks terbukti yang paling banyak menjadi pilihan di Adsense. Nilai RKT iklan gambar sangatlah tinggi, selain itu BPK iklan gambar lebih baik dari pada iklan teks. Google juga menyarankan supaya para publisher menggunakan iklan gambar dan teks.

Demikian artikel yang bisa saya tulis, semoga bermanfaat bagi anda dan menambah informasi. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Semoga berguna.

Post a Comment

1 Comments