Iklan 728x90

Membangun Jaringan Internet Dengan Fiber Optik



Perkembangan teknologi internet saat ini semakin cepat masuk ke masyarakat, digunakan mulai mengirim pesan via WhatsApp,browsing, medsos, streaming video, jualan online masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan jaringan internet. Nah bagaimana cara membangun jaringan internet tersebut bisa dinikmati semua lini masyarakat dengan biaya bulanan yang murah. 

Perangkat jaringan pun berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang ada. Banyak media-media yang digunakan dalam penyaluran sinyal, salah satunya ialah fiber optik. Kenapa di pilih jaringan fiber optik, media trasmisi fiber optic relatif stabil karena tidak terpengaruh dengan interferensi sinyal elektromagnetic. Media fiber optik menggunakan sinyal laser dengan jangkauan yang cukup jauh.

Untuk paket internet dari Indihome bisa kita gunakan 20 Mbps untuk 8 Client, berasumsi dari FUP Indihome akan turun jika kuota melebihi batas atau bisa memilih paket lebih tinggi menyesuaikan jumlah Client.

Peralatan yang dibutuhkan untuk membangun jaringan internet
1. Jaringan internet bisa menggunakan Indihome

2. Mikrotik digunakan untuk manajemen bandwidth, jaringan Hotspot.

3. Switch memperbanyak segmen jaringan

4. Media converter fiber optik

5. Kabel fiber optik single mode jenis outdoor (Drop Core)

6. Wireless Router


Topologi Jaringan



Dari gambar toologi di atas bisa dijelaskan, akses internet dari ISP Indihome dari LAN Modem terhubung ke ether1 Mikrotik selanjutnya ether2 mikrotik ke switch dari swicth ke pelanggan menggunakan media fiber optik yang terhubung dengan media converter dengan jarak 250 meter.

Anda bisa kembangkan lagi jika ada pelanggan baru tinggal tambahkan media converter ke port switch lalu akses ke pelanggan. Menggunakan kabel fiber optik sangat menguntungkan di lihat dari jarak yang mencapai puluhan Km.

Konfigurasi yang ada di mikrotik antara lain
1. Konfigurasi IP Address ether1 dan ether2
    Ether1: DHCP Client
    Ether2: 192.168.2.1/24
2. Konfigurasi NAT Masquerade
3. Konfigurasi Fitur IP Hotspot untuk manajemen user dan bandwidth
4. DHCP Server mengikuti konfigurasi IP Hotspot
5. Untuk bandwidth 3 Mbps/client

Konfigurasi Modem Indihome
1. Sebaiknya matikan wireless bawaan modem agar akses internet 1 pintu melalui mikrotik, untuk akes wireless bisa membeli wireless router yang dihubungkan dengan switch.
2. Konfigurasi IP Address jika diperlukan
3. Ganti password admin modem jangan biarkan default.

Konfigurasi Wireless router dari sisi client
1. Konfigurasi IP Address WAN bisa kita gunakan Dynamic mengikuti mikrotik
2. Konfigurasi IP Address LAN 192.168.100.1/24
3. Ganti password admin wireless router
4. Konfigurasi wireless SSID, Password dll.

Demikianlah artikel kali ini, cara membangun jaringan internet menggunakan fiber optik semoga tutorial ini bisa membantu anda selamat mencoba

Post a Comment

0 Comments