Iklan 728x90

Tips memilih band chanel frekuensi pada jaringan wireless


Saat memasang jaringan wireless pasti pernah mengalami beberapa kendala yang terkadang bakal membuat bingung. Meskipun saat ini teknologi wireless banyak di terapkan terutama dengan alasan paling murah dan terjangkau di bandingkan teknologi kabel fiber terutama untuk menjangkau area yang jauh.

Akan lebih baik jika jarak yang cukup jauh menggunakan teknologi wireless akan lebih mudah dan hemat dari pada menggunakan kabel. Saat menggunakan kabel kita tinggal colokkan saja keperangkat yang ada namun untuk wireless harus di perhatikan beberapa faktor seperti LoS yakni kedua perangkat terhubung tanpa ada halangan. 

Band
Pemilihan band merupakan cara untuk menentukan standart protokol yang di gunakan untuk wireless, band juga menentukan data rate yang bisa dikirimkan. Berikut beberapa band yang di pakai pada jaringan wireless.
  • 2Ghz-b, berjalan pada frekuensi 2,4Ghz memakai protokol 802.11b dengan data rate yang bisa dikirim hingga 11 Mbit/s. 
  • 2Ghz-b/g, berjalan pada frekuensi 2,4Ghz memakai protokol 802.11b dan 802.11g. protokol 802.11g bisa mencapai 54 Mbit/s.
  • 2Ghz-b/g/n, berjalan pada frekuensi 2,4Ghz. Menggunakan protokol 802.11b, 802.11g dan 802.11n. Pengembangan dari standart protokol 802.11, ditambah dengan kemampuan multiple-input multiple-output (MIMO). Dengan tambahan fitur MIMO ini, data rate mampu mencapai 300 Mbit/s. 
  • 2Ghz-only G, bekerja di frekuensi 2,4Ghz, hanya menggunakan protokol  802.11g. 
  • 2Ghz-only N, bekerja di frekuensi 2,4Ghz, hanya menggunakan protokol  802.11n.
  • 5Ghz-a, bekerja di frekuensi 5 Ghz. Menggunakan protokol 802.11a, maximum data rate yang bisa dicapai adalah 54 Mbit/s. 
  • 5Ghz-a/n, bekerja di frekuensi 5 Ghz. Menggunakan protokol 802.11a dan 802.11n. 
  • 5Ghz-only N, bekerja di frekuensi 5 Ghz dan hanya menggunakan protokol  802.11n.
Saat kita setting jaringan wireless dengan kemampuan lebih dari satu protokol maka jaringan wireless tersebut akan suport dengan perangkat client yang di pakai sesuai standart protokol yang di pakai seperti a/b/g/n
Frekuensi 
Wireless LAN menggunakangelombang radio sebagai media rambat tanpa harus ada gangguan seperti gedung, bukit, tembok, kaca atau interferensi di perangkat lain.
Alokasi frekuensi sudah diatur dalam regulasi di setiap negara. Untuk Indonesia, untuk keperluan wireless LAN sudah dalokasikan pada frekuensi 2,4GHz dan 5,8GHz. Frekwensi 2,4GHz dibagi dalam beberapa channel dengan lebar channel masing - masing 22MHz.


Begitu juga dengan yang 5GHz. Frekuensi 5Ghz juga dibagi menjadi beberapa channel. 

Misalnya untuk frekuensi 2,4 Ghz pemilihan chanel yang baik seperti gambar di bawah ini

Jika memasang perangkat wireless jika tidak ingin mengalami interferensi, maka gunakanlah channel yang non-overlapping, yakni channel 1, 6, 11, dan 14 pada jaringan wireless yang berbeda.
Tips diatas hanya untuk pemilihan penggunaan frekuensi pada Band 2,4GHz. Bagaimana dengan 5GHz ?. Kebanyakan perangkat seperti laptop, gadget sebelumnya memang hanya support untuk 2,4GHz saja. Akan tetapi beberapa gadget saat ini sudah support 5GHz.
Berbeda dengan pembagian channel pada 2,4GHz, pembagian channel pada 5GHz tidak ada yang saling overlapping. Untuk mengcover laptop atau gadget, bisa gunakan frek 5725 - 5785 MHz. Kebanyakan gadget saat ini support di frekuensi tersebut. 
Produk seperti MikroTik sudah support untuk band 2,4GHz atau 5GHz. Support juga untuk custom freq dan custom channel width. Pergunakan frekuensi dengan bijak jangan menyalahi regulasi yang sudah di tetapkan.
Untuk frekuensi 5 GHz mempunyai beberapa keleluasaan pada pemilihan channel. Hal ini karena pada Frekwensi ini terdapat lebih banyak channel yang tersedia. Channel di analogikan seperti Jalan Raya, jadi semakin banyak jalan raya maka akan semakin kecil terjadi gangguan lalu lintasnya.


Post a Comment

0 Comments