Iklan 728x90

Tips Ngeblog untuk Pemula Agar Semangat Membuat Postingan


Akses internet yang semakin lama semakin terjangkau jika di bandingkan beberapa tahun ke belakang, munculnya jaringan fiber dari ISP ke rumah-rumah ataupun jaringan 4G yang terus berkembang hingga muncul jaringan 5G membuat pemakai internet di Indonesia semakin naik.

Dampak positif dari perkembangan internet ini adalah munculnya banyak blogger yang tentunya menambah banyak pengetahuan. Dari hasil ngeblog pun bisa menghasilkan uang dengan memasang iklan dari broker iklan. Sisi negatif yang muncul dari sebuah blog diantaranya:
  • Mencurangi pemasang iklan dengan bekerja sama dengan blog lain untuk saling klik iklan
  • Membuat content tidak murni hasil kreatifitas alias plagiat
  • Membuat konten negatif dan berbau sara
Beberapa sisi begatif dari sebuah blog seperti hal di atas wajib kita hindari sebagai seorang blogger pemula intinya jangan di jadikan blog sebagai cara untuk cepat menghasilkan uang tetapi di gunakan sebagai tempat untuk sharing informasi ke pembaca.

Kita harus mempunyai pemikiran yang benar tentang sebuah blog

Ngeblog bukan hanya unutk menghasilkan uang yang paling kita tekankan adalah sharing infomasi ke pembaca atau pengunjung blog, dengan mengisi konten blog yang baik tentunya pengunjung blog bisa berlama lama membaca artikel yang kita posting sehingga trafik blog pun meningkat dan tentunya ini bisa menghasilkan uang dari blog yang kita kelola.

Untuk menjadi seorang blogger yang mandiri dalam artian konten yang di publikasikan hasil kreatifitas sendiri memang cukup sulit tapi perlu latihan jika sudah terbiasa maka ide atau gagasan setiap saat pasti ada. Nah akan saya berikan beberapa tips untuk menghasilkan conten yang original tanpa plagiat.

1. Menentukan Alasan kita ngeblog

Bagi seorang blogger pemula seperi saya, ngeblog merupakan sarana berbagi informasi sharing pengetahuan yang kita dapat seperti blog ini membahas seputar dunia IT dan Networking semua pebgetahuan yang saya dapat, saya tuangkan dalam blog ini agar tidak lupa suatu saat nanti. Blog juga sebagai catatan pengelaman kita dan sumber inspirasi untuk di share ke pembaca atau pengunjung blog.

Agar blog kita semakin konsisten mendapatkan trafik, kita harus mempunyai target pengunjung trafik organik perbulan yang harus di capai, yang di maksud trafik organik yakni trafik bersumber dari mesin pencari. Target harus sesuai dengan kemampuan kita, misalkan ada kesibukan lain target untuk membuat postingan perlu di rencanakan dengan baik. Blog bukan sebagai mata pencaharian utama buat saya, cuman untuk mengisi waktu luang yang ada.

2. Menentukan Topik Blog

Untuk menentukan topik blog yang di sukai pembaca bisa kita sesuaikan dengan kemampuan pengetahuan kita, jangan memaksakan topik blog yang tidak kita kuasai malah bisa salah arah nantinya. Salah satu nya harus fokus pada topik yang kita kuasai, serta konten blog harus fokus tidak membuat konten yang banyak macamnya. 

Pilihan paling mudah yakni anda ngeblog tidak peduli menghasilkan uang atau anda ngeblog untuk menghasilkan uang harus anda tentukan. Jika anda ngeblog ingin mengahsilkan uang memang butuh energi yang tidak sedikit dan ada strategi kusus yang harus di buat.

3. Terus Belajar dengan Topik yang dipilih

Agar konten yang kita posting selalu terjaga originalnya tanpa hasil dari plagiat, hendaknya kita terus belajar dan belajar untuk menambah pengetahuan kita. Semakin kita dalami topik yang kita pelajari akan semakin mudah memberikan konten yang menarik ke pembaca blog karena pengetahuan yang kita peroleh juga semakin banyak. 

4. Pelajari Tentang Cara Ngeblog


Hal yang perlu anda pelajari untuk memulai ngeblog, yakni mentukan hostingan yang gratis atau berbayar. Untuk yang gratis bisa di pakai blogger atau wordpress dan pelajari hal teknis mengenai hostingan yang anda bakai.Jika tidak anjda pelajari terlebih dahulu anda akan kesulitan untuk memulai ngeblog seperti hal hal tenis yang ada, agar artikel yang anda tulis bisa muncul di mesin pencari.

5. Belajar Seni Menulis

Kita ngeblog merupakan sebiah seni untuk menulis apakah gaya tulisan kita baik dan menarik untuk di baca. Semakin kita banyak menulis maka akan meningkat kemampuan kita untuk menulis. Belajarnya dengan membaca buku atau cari artikel di internet tentang tata cara menulis yang baik dan enak untuk di baca.

6. Saling Bertukar Pengalaman Dengan Blog Lain

Saling berinteraksi dengan sesama blogger bisa di lakukan melalui medi sosial atau berkunjung ke blog tersebut dengan menulis komentar dan berdiskusi yang baik. Hal ini menunjukkan kita sebagai seorang blogger yang konsisten untuk mendapatkan informasi terbaru dengan bertukar pengalaman.

7. Meningkatkan Kemampuan dan Menganalisa Kelebihan blog orang lain

Belajar dari berbagai sumber tidaklah cukup, pelajari blog orang lain kelebihan dan kekurangannya, kelebihan itu terus anda kembangkan ke blog anda sehingga bisa meningkatkan trafik pengunjung.

8. Buang rasa malas
Rasa malas merupakan hal yang paling sia sia, blogger yang sukkses selalu rajin dan kreatif maka buang jauh jauh rasa malas yang ada pada diri sendiri.


Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel ini adalah banyak belajar dan membaca serta berinteraksi dengan blogger lain untuk sharing pengetahuan dan pengalaman jangan sampai salah kaprah ke dunia blogger yang salah. Sukses tidaknya seorang blogger tergantung pada usaha yang kita berikan pada blog yang kita kelola. Semoga artikel ini dapat membantu anda jika ingin tertun ke dunia blog sebagai seorang blogger, Semoga berguna.....


Post a Comment

0 Comments