Iklan 728x90

Tips Membangun Bisnis Untuk Pemula



Kiat menjalankan usaha bisnis agar suskses merupakan impian setiap orang, berbagai macam cara di lakukan agar memulai bisnis bisa sukses di usia muda. jFaktor bosan dan lelah menjadi sorang karyawan shingga berfikir mendirikan usaha sebagai pilihan untuk menjalani hidup. Pengusaha muda atau pemula harus memperhatikan strategi yang harus di terapkan agar suatu saat usaha yang di rintis tidak mengalami kegagalan.

Perlu sebuah strategi yang matang sebelum memulai usaha oleh karna itu strategi sangatlah penting dalam menghadapi dunia persaingan terutama pasar yang semakin ketat. Setiap orang bisa menjadi pengusaha yang sukses namun harus memiliki pengalaman yang cukup, pengalaman itu di dapat dari belajar selama menggeluti bidang bisnis yang di jalani. 

Berikut ini beberapa tips yang perlu di jadikan pertimbangan bagi pebisnis pemula

1. Fokuslah pada bisnis yang sedang di jalani
Berkembangan jaman yang semakin canggih, kemudahan akses internet seakan menjadi peluang bisnis, dapatkah kita memanfaatkan dunia internet menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Banyaknya peluang yang hadir mellaui media internet perlu di ambil salah satu yang menjadi perhatian kita, tentukan bisnis yang cocok untuk di jalankan dan perlu di kembangakan. Fokuslah ambil salah satu bisnis yang mau di jalankan.

2. Pilih ide bisnis yang paling anda sukai
Jika memulai mengembangkan dunia bisnis pastikan bisnis yang di jalankan merupakan hobi atau pilihan kita yang paling kita suka. Apapun pekerjaannya kalau kita menyukai pekerjaan itu maka tidak akan terpaksa melakukan sesuatu untuk kepentingan bisnis, kita lebih iklas dan tanggung jawab terhadap bisnis yang kita jalankan. Kerajaan bisnis yang di bangun pasti memiliki masa lalu yang tidak menyenangkan, jatuh bangun untuk menemukan kesuksesan tidaklah mudah, jangan berfikir kita mendirikan usaha langsung sukses itu tidaklah mudah.

3. Saat awal menentukan ide bisnis kuasai segala hal tentang bisnis itu
menguasai bisnis yang kita jalankan sangatlah perlu, kita harus kompeten terhadap masalah masalah yang di hadapi, mulai dari bahan baku, produksi, pemasaran, hingga membangun komunikasi ke konsumen sangatlah penting. semua hal seperti itu harus kita kuasai jika tidak bisnis yang kita dirikan sejak awal akan mengalami kebangkrutan.

4. Selalu belajar dari pengalaman orang lain
setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda beda dalam menjalankan ide bisnis, jadi semua orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Kita hendaknya berkomunikasi atau konsultasi ke orang lain yang mengetahui seluk beluk bisnis kita bisa juga belajar dengan membaca strategi bisnis yang cocok untuk bisnis yang di jalankan.

5. Hidup hemat
Hidup hemat bagi pebisnis pemula sangat di anjurkan, memiliki mobil mewah rumah mewah boleh saja itu merupakan motifasi agar kita bisa sukses menggapai impian yang kita idam idamkan. Hiduplah yang hemat tekankan bahwa bisnis yang di jalankan perlu motivasi sukses tidak menghambur hamburkan uang.

6. Belajar dari kegagalan masa lalu
Kegagalan masa lalu merupakan pengalaman yang berharga, apa yang menyebabkan bisnis kita gagal hendaknya kita refleksikan dan jadikan pengalaman yang terbaik dari kegagalan tersebut. Pengusaha muda perlu belajar dari kegagalan janganlah lemah menghadapi kegagalan itu bukan merupakan alasan hambatan untuk meraih kesuksesan.

7. Strategi rencana bisnis harus dijalankan
 Semua strategi bisnis harus kita jalankan sesuai rencana, kita harus konsisten dalam metode perencanaan kadang kala perencanaan yang matang di jadi di jalankan karena kita tidak konsisten terhadap perencanaan tersebut. Hal seperti itu akan menghambat perkembangan bisnis yang sedang kita rintis.

8. Jangan berharap mendapatkan keuntungan yang besar
Kadang kala pebisnis pemula berambisi mendapatkan keuntungan yang besar, seorang pengusaha memiliki kemampuan mendapatkan keuntungan yang kontinyu bukan sekedar besar namun sangat pendek sirkulasi bisnisnya. Akan lebih baik keuntungan kecil namun selalu kontinyu sehingga bisnis kita memiliki sirkulsi yang baik dalam menjalankan roda bisnis.

9. Jangan sering mengeluh
Seorang pebisnis pemula harus memiliki mental yang kuat tidak mudah mengeluh, mental yang kuat akan terbentuk dengan sendirinya, mengeluh merupakan hal yang biasa namun jangan di jadikan hambatan memajukan bisnis yang sedang kita rintis. Misalnya kita jualan kenapa barang yang kita jual tidak cepat laku akhirnya kita mengeluh, hal seperti itu harus kita analisis kenapa barang yang kita jual tidak laku apa penyebabnya.

10. Membangun komunikasi untuk mendapatkan relasi bisnis
Membangun komunikasi sangatlah perlu terhadap rekan bisnis atau ke karyawan kita. Komunikasi yang baik berpotensi kita akan lebih di kenal kepada pelanggan atau rekan bisnis. Jika kita tidak bisa berkomunikasi maka akan memiliki kelemahan dalam berinovasi sehingga bisnis yang kita jalankan akan ketinggalan di bandingkan pebisnis yang memiliki inovasi.

Itlah beberapa tips yang sudah saya jabarkan, janganlah ragu dalam memulai usaha bisnsi meski kita baru pemula silahkan mulai lebih awal akan lebih baik. Semoga berguna..

Baca artikel menarik lainnya
1. Tips memilih laptop yang baik
2. Pengertian server Hosting
3. Jenis usaha dengan modal ringan
4. Cara mengatur bisnis sambil bekerja

Post a Comment

0 Comments