Iklan 728x90

RT/RW Net Menggunakan Fiber Optic Media Converter



Pengertian RT/RW-Net adalah jaringan internet yang ada di masyarakat dalam ruang lingkup RT/RW melalui media kabel atau Wireless dengan frekuensi2.4 Ghz, 5Ghz sehingga bisa di kembangkan untuk komunikasi secara online bagi warga. RT/RW net sekarang sudah berkembang sangat pesat bukan hanya menjangkau sekitar lingkungan namun sudah menjangkau lebih jauh lagi yang di dukung dengan peralatan wirless yang memiliki daya pancar yang jauh.

Solusi internet yang paling murah saat ini adalah dengan menggunakan share koneksi internet dari satu akses internet di share ke tetangga terdekat atau bisa di sebut RT/RW Net. Rata rata jaringannya menggunakan akses dari telkom seperti indihome dengan berlangganan paket 10 Mbps, paket 20 Mbps, Paket 50 Mbps, paket 100 Mbps kita bisa menikmati internet dengan harga yang lebih murah. Jika jaringan kita share ke tetangga dengan iuran bulanan sekitar 150 Ribu untuk 10 client/ rumah maka sudah cukup untuk membiayai rekening bulanan dari telkom paket 20 Mbps.

Infrastruktur jaringan RT/RW Net bisa menggunakan jaringan wireless atau kabel, jika kita menggunakan jaringan wireless maka harus menyediakan alat berupa Backbone wireless pusat sebagai induk jaringan wireless yang nantinya akan di akses oleh tetangga sekitar, dengan jangkauan lumayan luas sekitar 100 meter hingga 5 Km tergantung peralatan wireless yang di gunakan apakah menggunakan point to point atau point to multi point.

Infrastruktur yang ke dua bisa menggunakan jaringan kabel tembaga seperti kabel UTP ataupun kabel Fiber Optic, untuk kabel tembaga biasanya akan lebih mahal di banding kabel Fiber Optic. Para penggiat RT/RW net sekarang sudah mulai menggunakan kabel Fiber Optic di lengkapi dengan media converter sudah sangat cukup untuk jangkauan sekitar 1-10 Km. Kabel Fiber Optic kita bisa menggunakan kabel punya telkom seperti indihome (Drop Core) dengan inti core cuma 1 sudah banyak di jual di toko online dengan harga sekitar 800 ribuan dengan panjang 1 Km.

Untuk jarak dekat kita bisa memanfaatkan kabel jenis ini, misalnya jarak 100 Meter akan lebih murah dari pada menggunakan jaringan Wireless. Cukup membeli sepasang media converter serta kabel FO lengkap dengan konektor saat kita beli di toko online, serta Wireless Indoor sudah bisa kita gunakan untuk mengakses internet. Dengan menggunakan kabel fiber optic akan lebih murah karena kita tidak memerlukan wireless outdoor cukup menggunakan media kabel fiber optic yang di hubungkan ke media converter lalu ke wireless indoor yang di pasang di dalam rumah.

Untuk keperluan alat yang di butuhkan antara lain
1. Kabel fiber optic single mode single core jenis outdoor (Drop Core)
2. Sepasang media converter
3. Wireless router
4. Akses internet

Syarat mendirikan RT/RW net:
1. Menyediakan tempat untuk kantor sebagai pusat jaringan kampung sebagai tempat server dan router
2. Tempat usaha sebaiknya milik sendiri.
3. Posisi letak RT/RW Net harus terjangkau dengan ISP seperti jaringan Fiber Optic
4. Potensi pasar pelanggan dalam 1 BTS repeater minimal bisa mencapai 15-30 Client
sehingga biaya operasional lebih murah

Tujuan lain dari RT/RW Net adalah membuat semacam Intranet yang berisi berbagai macam informasi tentang kegiatan yang ada di lingkungan sekitar. Dengan memanfaatkan teknologi internet ke rumah-rumah maka bisnis yang menggunakan teknologi internet diharapkan akan semakin berkembang misalnya untuk pembayaran tagihan telpon, listrik, pengecekan Saldo Bank , Toko online, pemesanan tiket Pesawat dll

Post a Comment

25 Comments

  1. Assallaamualaikum gan,mau nanya...semisal dari server kita outputnya pke FO trs yg di klien kita kasih modem yg bekas telkom bs g om? Kan kl pke modem bekas telkom bisa lansung colok ke line FO nya yg di modem...jd biar lebih ngirit gak beli sepasang tu converter nya...makasih om

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa, karena modem FO untuk koneksi fiber itu harus ada OLT (Optical Line Terminal) Kecuali modem FO di fungsikan sebagai klient Access Point, tinggal colok ke LAN nya. Semua modem milik telkom MAC addresnya sudah di daftarkan ke OLT sebelum di serahkan ke pelanggan.

      Delete
  2. Nanya dong pak, saya mau mindahin jalur fiber optik koneksi internet saya (pindah rumah 300m an jaraknya). apa bisa jalur kabelnya saya extend dengan menggunakan single core 300m an hanya dengan menggunakan semacam barrel kabel LAN (adapter kabel fo yang warna biru)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di sambung menggunakan adapter warna biru bisa, sekalian di lindungi pakai joinbox mini agar tidak terkena air hujan ini kusus koneksi pakai media converter. Tapi kalau dari ODP terlkom di sambung menggunakan adapter di kawatirkan hambatan redaman menjadi besar. Karena jaringn telkom di masing masing titik sudah banyak sambungan maupun penggunaan spliter.

      Delete
    2. Mungkin bisa di coba jika jaringan telkom di rumah anda redamannya kecil misalkan 15 dB. Telkom punya standart redaman maksimum 28 dB. Di atas 28 dB koneksi sering terjadi gangguan.

      Delete
  3. Cara mengurangi redaman itu gmna ya bang. Di saya oaling kecil kena 35db. Normal apa tidak itu ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di jaringan telkom redaman paling besar 28 db gan.. kalau pakai media konverter segitu masih bisa terkoneksi juga gak apa apa..

      Delete
    2. Redaman besar bisa karena banyaknya sambungan, atau pemasangan konektor yang kurang baik. Usahakan untuk penyambungan kabel menggunakan splicer jangan disambung pakai konektor dan adapter.

      Delete
  4. gan kalau mau nyambung wifi dari tetangga enaknya makai kabel optic yg mana, jarak -+900meter

    ReplyDelete
    Replies
    1. memakai kabel dropcore single core.. sudah bisa

      Delete
    2. Gan itu konverter nya wajib d nyaalain 2 2 nya atau hanya satu bisa tidak. Semisal yg d dket pusat aja yg d nyalain si penerima ga pake

      Delete
  5. Gan, klu panjang kabel fiber cuman 50meter apakah merusak converter

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau terlalu pendek menurut saya perlu disambung menggunakan adapter agar redaman besar. Kalau redaman kecil terlalau baik membuat konverter tidak awet.Jadi perlu di ukur dulu dengan OPM bisa diatas 10 dB masih lumayan. Kalau redaman kecil misalkan 1 dB biasanya terlalu bagus akan membuat coverter tidak awet.

      Delete
    2. Mau nanya dong,RT RW net menggunakan topologi conventer tp paralel aman g,trs batas conventer sampai berapa kalo paralell

      Delete
    3. untuk batas converter tidak ada gan, yang penting jumlah bandwidth mencukupi sesuai jumlah client. misal bandwidth 50 Mbps bisa di gunakan sekitar 15 Rumah dengan alokasi bandwidth 2,5 Mbps jika memakai jaringan indihome, akhir bulan biasanya kuota habis dan speed turun menjadi 10 Mbps. lebih enak pake iconnet, firstmedia dan mncplay.

      Delete
  6. Gan, dari media converter (Lan to fo), sebelum masuk ke converter penerima apa bisa masuk di splitter dulu? jadi sekali tarik bisa lbih dari satu client

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah nyoba gan untuk pemakaian splitter dengan media converter. Kalau Output OLT menggunakan splitter bisa.

      Delete
  7. gan konverter A ke B jaraknya 300m itu bisa gak dan aa stabil

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum gan. mau tanya dari router bawaan indihome disambung ke tetangga dengan kabel lan cat6 dengan jarak 90 meter kira kira koneksinya stabil ngga ya gan?

    ReplyDelete
  9. Gan ..apa bisa dari jaringan FO kemudian di konekkan dengan satu konventer...kemudian ke router tenda misalkan ..gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemakaian converter sepasang gan satu A dan satu B. setelah itu di hubungkan ke router atau perangkat jaringan yang lain seperti PC. fungsi converter untuk mengubah jaringan kabel UTP ke fiber dan UTP lagi.

      Delete
  10. Apakah harus converter harus menggunakan ip adress atau ip adress nya di seting di router?

    ReplyDelete
    Replies
    1. converter fiber mirip seperti swicth, tanpa set ip address.

      Delete