Iklan 728x90

Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Android dan PC Windows



Siapa saja pasti tidak ingin bisa lepas dari internet termasuk juga saat menggunakan jaringan WiFi, internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang sebagai sarana komunikasi atau menunjang keutuhan yang lain.

Jika ada koneksi WiFi yang lambat pasti banyak mengganggu kegiatan kita sehari hari, namun jangan khawatir di atikel ini akan membagikan sejumlah tips yang bisa kita lakukan saat menghadapi koneksi WiFi yang lambat. Tips ini bisa di terapkan di HP Android dan PC Windows.

Langkah di bawah ini terbukti cukup manjur untuk mengatasi WiFi yang lambat.

1. Menggunkan koneksi Fiber Optik
Jaman modern seperti sekarang jaringan fiber optik sudah masuk keberbagai tempat baik perkotaan maupun pedesaan, silahkan ada pilih ISP yang menyediakan layanan fiber optic. Jaringan fiber optik sama sekali tidak ada interferensi dengan media lain seperti elektromagnetic karena data yang di transmisikan menggunakan media cahaya sehingga jarang sekali ada kendala gangguan kecuali kalau ada kebel putus ya.

2. Pilih Wireless Router standart 802.11ac
Memilih wireless router ini sangat penting, terutama band frekuensi yang di pancarkan. Memilih wireless router yang menggunakan standart 802.11ac akan bekerja pada 2 band frekuensi yakni 2.4 GHz dan 5GHz penggunaan dual band tersebut akan mempercepat proses transmisi data yang di kirim bisa mencapai 1.3 Gbs.

3. Jika anda memilih ISP yang menggunakan line wireless usahakan yang memiliki pelanggan yang tidak terlalu banyak di daerah anda. Banyaknya pengguna akan membuat kualitas internet menjadi kurang baik.

4. Menggunakan WiFi Booster Analyzer
Aplikasi ini bisa anda dapatkan di playstore, sofware ini mampu menganalisa jaringan WiFi serta mempercepat koneksi WiFi. Hasil analisa informasi yang di dapatkan oleh aplikasi ini antara lain.
a. Kekuatan sinyal.
b. Keamanan Jaringan.
c. SSID jaringan komputer.
d. MAC Address.
e. Frekuensi jaringan

5. Menggunakan DNS atau Open DNS
DNS (Domain Name System) merupakan sistem penamaan domain yang di gunakan untuk menterjemahkan nama domain ke sebuah alamat IP Address. IP DNS ini seiring berjalannya waktu pasti banyak yang memakai sehingga server akan lebih bekerja keras sehingga suatu saat akan lambat. Anda bisa mengubah alternatif mengunakan open DNS 8.8.8.8 atau 1.1.1.1.

Cara memakai open DNS sanagt mudah tinggal anda tambahkan pada konfigurasi TCP/IP atau pada setingan modem, wireless router. Caranya seperti berikut ini:

1. Klik kanan pada seting wireless -> Pilih Properties


2. Masuk ke internet protocol version 4 (TCP/IPV4) --> Klik Properties


3. Silahkan anda isi IP DNS pada bagian Use the following DNS Server Address lalu klik OK


6. Restart Ulang Wireless Router
Cara yang lain dengan cara mematikan ulang router beberapa saat, biasanya router dalam kondisi panas bisa menjadi penyebab WiFi menjadi lambat. Anda bisa restart wireless router dengan cara masuk ke setingan router di situ ada menu sysrestart.


Cara yang lain dengan menekan tombol power on/off di belakang modem atau wireless router. Setelah itu tunggu beberapa menit minimal 3 menit, terkadang perangkat yang terhubung ke WIFi menjadi penyebab masalah WiFi anda, jadi anda bisa restart ulang wireless router yang anda miliki.

7. Ganti router
Standar Wi-Fi terbaru menggunakan 802.11ac. Jika router yang anda pakai masih menggunakan standart lama seperti 802.11b atau 802.11g, router yang baru akan meningkatkan kecepatan WiFi serta meningkatkan jangkauan konektivitas yang lebih luas.

Akhir kata, itulah beberapa cara untuk mempercepat koneksi WiFi yang bisa anda coba di HP Android dan PC atau laptop Windows. Banyak sekali aspek yang mempengaruhi jaringan WiFi yang anda gunakan baik itu lambat atau cepat.

Jika anda memiliki tips yang lain dan menarik silahkan anda berbagi tips di kolom komentar, sehingga dapat membantu orang lain, semoga berguna.

Post a Comment

0 Comments