Iklan 728x90

Perbedaan HDD dan SSD Sebagai Media Penyimpanan



Kita sering mengenal dan familiar tentang media penyimpanan HDD yang telah menjadi standart penyimpanan untuk PC Desktop maupun Laptop. Namun seiring perkembangan teknologi media penyimpanan terus berkembang saat ini yaitu SSD yang merupakan pengemabangan dari HDD.

SSD menyimpan semua data pada chip memory flash yang saling terhubung satu sam lain, flash memory yang di gunakan untuk SSD berbeda dengan yang di gunakan untuk Flashdisk. Chip flash yang digunakan pada SSD memiliki kecpatan yang lebih baik dari pada yang di pakai untuk flashdisk tentu juga soal harga juga akan berpengaruh meskipun dengan kapasitas yang sama.

Masing masing media penyimpanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing karena komponen yang digunakan berbeda. Dari kedua komponen penyimpanan tersebut manakah yang lebih unggul berikut penjelasannya lebih rinci.

Pengertian SSD

Solid State Drive atau disebut dengan SSD merupakan inovasi teknologi terbaru dalam bidang penyimpanan data komputer saat ini, setiap produsen laptop maupun PC memberikan alternatif media penyimpanan ini bisa memakai HDD atau SSD. Tidak heran produksi SSD telah meningkat pesat seiring berjalannya waktu untuk di gunakan pada PC maupun laptop.

Dari bentuk fisik SSD terlihat sama dengan flash drive, namun yang membedakannya hanyalah dimensi SSD sendiri tergolong lebih besar dan lebih komplek dibandingkan dengan flashdisk. Chip memori yang terdapat pada SSD juga mempunyai kecepatan dan kapasitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan flashdisk.

Penyimpanan internal SSD ternyata juga menghadirkan teknologi yang lebih cepat jikalau dibandingkan dengan HDD sendiri. Bahkan, SSD juga dipercayai lebih hemat dalam mengkonsumsi daya listrik komputer ataupun laptop.

Kelebihan SSD

1. Mempercepat Booting: Komputer sudah hidup dalam hitungan beberapa detik saja.
2. Transfer File Lebih Cepat: Menyalin dan mem-paste file dengan SSD ternyata hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat 50 persen dari HDD.
3. Hemat Listrik: SSD hanya membutuhkan 10 persen daya listrik dari HDD.
4. Multitasking: Komputer anda tidak akan lambat ketika melakukan multitasking dengan memori SSD. Sebab, mesin pembaca SSD jauh lebih cepat dari pada HDD.
5. Botot lebih ringan jika dibandingkan HDD laptop yang memakai SSD cenderung lebih tipis.

Kekurangan SSD

1. Harga: Harga hampir atau mungkin beberapa kali lipat lebih mahal dibanding dengan HDD dengan kapasitas yang sama.




Pengertian HDD

Hard Disk Drive atau HDD merupakan penyimpanan internal yang di perkenalkan oleh IBM sejak tahun 1956. Pertama kali di perkenalkan untuk menyimpan file ke komputer yang menggunakan piringan magnetik yang berputar untuk menulis dan membaca data. 

Seiring berkembangnya zaman teknologi HDD terus berkembang yang awal mula hanya memiliki kapasitas bytes sekarang mampu menyimpan dengan kapasitas terabyte (TB). HDD sampai sekarang masih terus di produksi dan menjadi alternatif SSD yang memiliki harga cukup mahal jika di bandingkan HDD meskipun dengan kapasitas yang sama.

Kelebihan HDD

1. Harga: Harga HDD ternyata lebih murah jika dibandingkan dengan SSD.
2. Kapasitas Besar: Kapasitas HDD jauh lebih besar dari SSD
3. Ukuran file: Cocok untuk penyimpanan dengan kapasitas file yang besar

Kekurangan HDD

1. Berisik: HDD merupakan salah satu komponen yang bergerak, putaran komponen di dalamnya memiliki putaran noise yang tinggi.
2. Daya Listrik: Memakai daya listrik yang lebih besar jika di bandingkan dengan SSD.
3. Memiliki efek panas yang berlebihan.
4. Bentuk fisik: Ukuran lebih besar dan berat

Itulah beberapa perbedaan dari HDD dan SSD yang bisa admin tulis, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang membaca tulisan ini semoga berguna, dan sehat selalu.

Post a Comment

3 Comments

  1. Sangat Informatif
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  2. https://ardi-hadma.blogspot.com/p/pengertian-ssd-adalah-media-penyimpanan.html?showComment=1645571833556

    ReplyDelete
  3. Thank you for nice information. Please visit our web:

    Click Here
    "https://uhamka.ac.id"

    ReplyDelete